Mencari Hobbit di Rumah Hobbit Dokar Dreamland Tulungagung - Reezumiku

Tuesday, January 9, 2018

Mencari Hobbit di Rumah Hobbit Dokar Dreamland Tulungagung

Picture Instagram @nna_khusnah

Masih ingatkah dengan Rumah Hobbit yang beberapa pekan terakhir ini ramai di instagram? Beberapa orang menyebutnya Rumah Kurcaci. Area wisata tersebut masih hangat diperbincangkan hingga saat ini. Saya pun penasaran, apakah bisa menemukan hobbit di sana.

Ternyata bukan hanya saya yang ingin memuaskan rasa penasaran. Padatnya kendaraan membuktikan bahwa tempat wisata yang dikelola oleh Kopi Dokar tersebut mampu menarik pengunjung baik dari kalangan siswa hingga orang dewasa. Jam buka yang dimulai pukul 09.00 WIB dan ditutup pukul 17.00 WIB itu juga tak pernah sepi. Kadang kala, kendaraan berjubel hingga halaman rumah warga sekitar. Hal tersebut menjadi ladang rezeki bagi mereka untuk menawarkan jasa penitipan kendaraan.

Ketika lounching tanggal 27 Desember 2017 lalu saja sudah banyak warga yang datang. Hal ini disebabkan oleh foto-foto dengan background Rumah Hobbit Tulungagung sudah lebih dulu beredar di Instagram. Banyak netizen yang penasaran tentang keberadaan lokasinya yang kece badai buat berburu foto tersebut.

Sebelum mulai menelusuri rumah hobbit, sebaiknya kita kenalan dulu sama si hobbit yuk.

Bangsa Hobbit

Hobbit adalah bangsa manusia yang memiliki ukuran tubuh pendek (setengah ukuran manusia normal) serta berperawakan gempal berjenggot. Tokoh ini pernah digambarkan dalam cerita fiktif karya J.R.R Tolkien “The Hobbit”, atau juga yang ada di film the Lord of the Ring.

Namun ternyata bangsa Hobbit tidak sepenuknya fiksi. Pernahkah kamu mendengar tentang manusia kerdil di Flores, Indonesia? Pada tahun 2004 lalu, beberapa peneliti menemukan fosil manusia berukuran kurang dari satu meter di gua batu kapur, Liang Bua, Flores. Wah, tenyata hobbit pernah ada dan mendiami Indonesia selama beberapa kurun waktu.

Jika kamu menonton reality show Korea “Law of the Jungle”, Kim Byung Man dan anggota sukunya bahkan secara khusus mengambil lokasi syuting di Flores Indonesia. Mereka menjelajah hutan dan gua untuk menapak tilas jejak manusia hobbit yang pernah hidup di sana. Tampilan lengkap acara ini bisa ditonton dalam Law of the Jungle episode 278 hingga episode 282.


Rumah Hobbit Dokar Dreamland Tulungagung
Instagram photo @dinarmd

Setelah tau siapa itu bangsa hobbit, sekarang sudah ada gambaran mengenai rumah hobbit kan? Karena hobbit berukuran kecil atau kerdil, tentu rumahnya juga lebih mini dari rumah manusia pada umumnya. Namun  wisata rumah hobbit yang ada di desa Karanganom, Kauman, Tulungagung ini bukan tempat yang ditinggali hobbit beneran loh. Hanya saja bangunan-bangunannya dibuat semirip mungkin dengan rumah para hobbit yang ada di film. 

~Baca Juga: Informasi Lengkap Pantai Tulungagung: Lokasi, Akses, Fasilitas, Harga - Jawa Timur~

Ciri khas utama yang menunjukkan rumah hobbit adalah ukurannya yang pendek tanpa penyangga. Pintu masuknya berbentuk bulat, begitu pula jendelanya. Tembok dan segala bagian bangunan juga di cat warna-warni agar lebih menarik. Bukan hanya itu, pengunjung Rumah Hobbit Dreamland Tulungagung juga dapat masuk ke dalam rumah hobbit meskipun ukuran bagian dalamnya tidak terlalu luas.

Ada kurang lebih 5 rumah dengan desain warna-warni. Disekitarnya juga ada taman bunga, jembatan, aliran air yang berundak, serta arena permainan untuk anak-anak. Meski masih dalam tahap pembangunan, pengunjung tetap padat setiap harinya. Mereka bahkan rela antri dan berdesak-desakkan agar dapat berfoto di sekitar rumah Hobbit.

Di bagian atas, juga terdapat spot foto gambar 4D dengan setting berbagai macam sudut kota di luar negeri contohnya Venessia. Beberapa tempat duduk disediakan disekitarnya. Tiga outlet minuman pun tersedia bagi pengunjung yang haus sehabis jalan-jalan. 



Oh iya, cerita tentang pencarian hobbitnya gimana nih? Nggak mungkin banget kan ada bangsa hobbit sementara para peneliti sudah mengidentifikasi bahwa kaum tersebut telah punah sejak dahulu kala. Jadi hobbitnya ada nggak? 


Bangsa 'hobbit benerannya' emang nggak ada. Tapi area wisata ini punya hobbitnya sendiri loh. HeheSaat kamu mengantri tiket di loket, akan ada sebuah banner yang menunjukkan tinggi badan. Disitulah para pengunjung dikategorikan dalam dua jenis, yaitu hobbit yang tinggi maksimalnya 1 meter serta golongan manusia dengan tinggi normal. Hanya beda istilah saja, biasanya kamu mengenal sistem tiket ini sebagai kategori anak-anak dan dewasa. Ada-ada saja, ya.

Informasi
Lokasi
Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, Tulungagung (Depan Masjid, sebelum Jambooland Srabah)
Biaya parkir
Rp.3000 Sepeda Motor – Rp.10.000 Mobil
Tiket masuk
Rp.5000 (ukuran Hobbit/anak-anak) dan Rp 10.000 untuk dewasa (Mendapat bubuk Kopi Dokar)
Wisata disekitarnya
Srabah Jambooland Water Park, 
Ranu Gumbolo Tulungagung, 
Waduk Wonorejo,


Tulungagung bukanlah yang pertama memiliki wisata rumah Hobbit. Sebelumnya sudah ada rumah Hobbit di Sleman, Bantul, Purbalingga, Malang dan yang lainnya. Namun, bagi masyarakat Tulungagung, wisata baru ini cukup menarik perhatian. Kamu jangan sampai melewatkannya juga ya. Selamat liburan...


*

5 comments:

  1. Kayaknya bagus nih tempatnya, sayang belum ada waktu ke sana 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bagus buat foto. Tapi masih tahap pembangunan jadi belum begitu banyak spot yang bisa dipakai. Tapi seru juga kok buat liburan. Moga2 ada waktu buat mencoba juga ya kaka ^.^

      Delete
  2. katanya kalau liburan ramai ya mbak? wah siap2 rebutan selfie nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rame banget. Mending kesana waktu hari-hari biasa biar bisa dapet foto yang keren :-) ehhehe

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools