Wana Wisata Jurang Senggani Tulungagung, Air Terjun dan Bumi Perkemahan Buat Wisata Alam - Reezumiku

Thursday, January 11, 2018

Wana Wisata Jurang Senggani Tulungagung, Air Terjun dan Bumi Perkemahan Buat Wisata Alam


Tulungagung memang tak pernah kehabisan lokasi wisata alamnya. Ketika liburan akhir tahun 2017 hingga tahun baru 2018 kemarin saja, bisa kita lihat padatnya orang yang mengunjungi setiap lokasi wisata. Hampir setiap tempat yang ada, baik yang sedang hits atau tempat wisata lama pun laris manis di serbu pengunjung. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan masyarakat akan area liburan yang menyenangkan.

Wisata Jurang Senggani merupakan salah satu area wisata edukasi yang saat ini semakin ramai dikunjungi. Wahana bermain yang dikenal juga sebagai Bumi Perkemahan Magersari ini terletak di Kecamatan Sendang, Tulungagung. Keduanya berada di lokasi sama.

Seperti yang kita tau bahwa kecamatan Sendang merupakan wilayah pegunungan lereng Gunung Wilis. Lokasinya yang berada diketinggian menyebabkan hawa di sekitarnya sangat sejuk. Tempat seperti itu sangat cocok sebagai tempat wisata alam. Potensi wisata alam di kecamatan Sendang pun mulai terbuka satu per satu. Setelah sebelumnya terdapat Kebun Bunga Krisan, Warung Nggunung, Candi Penampihan, Kebun The, Nyawangan Park, dan Tugu Park, kali ini pemerintah setempat nampaknya sedang mempromosikan Wana Wisata Jurang Sengggani.

Wisata Alam
Instaram Photos @dinarmd
Di lahan yang luasnya lebih dari lima hektar tersebut, pengunjung bisa berjalan menyusuri setiap sudut pegunungan. Pohon-pohon pinus tumbuh menjulang tinggi, memberikan udara sejuk yang menenangkan pikiran. Lokasi wisata seperti ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan stres, menenangkan diri, dan menjauh dari keramaian.

Para peneliti memang sudah membuktikan bahwa berada di sekitar pepohonan pinus atau pohon cemara dapat menurunkan tingkat stress. Aroma segar yang tercium memang ampuh menenangkan emosi. Coba saja berjalan-jalan selama 15 menit setiap hari dibawah sejuknya pohon pinus, kamu akan dapat merasakan dampak positifnya bagi kesehatan.

Selain memiliki perkebunan pinus, Jurang senggani memang didominasi warna hijau. Rerumputan yang melapisi tanah sangat subur sehingga saat kamu melihat sekeliling, hanya ada warna hijau segar. Untuk itulah pengelola menambahkan tanaman-tanaman bunga agar tumbuhan yang ada lebih beragam.

Selain itu, spot-spot foto bertema alam juga tersedia. Sebagai era anak medsos, pengunjung memang harus mencukupi kebutuhan “eksis” yang tak terbantahkan. Kamu pasti perlu foto keren buat di upload di instagram kan?

~Baca Juga: Informasi Lengkap Pantai Tulungagung: Lokasi, Akses, Fasilitas, Harga - Jawa Timur~

Payung warna-warni digantung di atas jalan menuju tangga. Bola-bola berwarna juga semakin memeriahkan nuansa hijau yang mendominasi. Gardu pandang atau rumah pohon yang juga disediakan menjadi daya tarik wisatawan. Pemandangan dari atas tampak lebih indah. Di samping itu, ayunan serta tempat duduk pun nyaman bagi pengunjung yang ingin beristirahat. banyak pengunjung yang juga berfoto di gandu pandang bertulis I heart U atau bunga buatan yang membentuk hati.

Wisata Edukasi

Anak-anak dapat mengenal alam dengan memainkan berbagai wahana yang memacu adrenalin, keberanian ataupun ketangkasan. Beberapa diantaranya adalah permainan flying fox, jaring laba-laba dan playground. Orang tua dapat mengajari anak-anak untuk melawan rasa takutnya saat terbang dengan flying fox atau memandu permainan-permainan lain yang ada di sana.

Bagi siswa siswi sekolah, Wisata Jurang Senggani Tulungagung biasa digunakan sebagai area perkemahan pramuka. Lingkungan yang alami, nyaman, dan luas membuat mereka dapat menjalankan kegiatan kepramukaan dengan lebih menyenangkan. Kamu yang ingin merasakan menginap di sini dengan tenda juga bisa melakukannya di hari-hari biasa loh. Kapan lagi bisa merasakan tidur di hutan malam-malam.

Air Terjung Jurang Senggani

Air terjun inilah yang awalnya bernama Jurang Senggani. Untuk memudahkan penyebutan, akhirnya seluruh area termasuk Bumi Perkemahan Magersari dianggap sebagai Wana Wisata Jurang Senggani Tulungagung.  Saat ini kawasan tersebut telah dikelola oleh Pokdarwis setempat dan perhutani BKPH Tulungagung,

Berada di ketinggian 1200 M dari permukaan air laut membuat udara di sana semakin dingin. Apalagi lokasinya di tengah hutan lereng gunung wilis. Air terjun alami yang terbentuk dipegunungan ini memiliki arus yang deras.  Ketika airnya jatuh menabrak tanah, bulir-bulir air menyiprat  ke sekitarnya.

Untuk mencapai air terjun, kamu perlu berjalan sejauh 5,1 kilometer. Memang cukup jauh dan memakan waktu lebih dari satu jam. Namun sebagian besar pengunjung tidak menjadikannya masalah. Semua jerih payah itu akan terbayar saat sampai di bawah air terjun. Ketinggiannya tampak kokoh saat kamu mendongak ke atas. Maha Besar Allah yang mencipatan bumi dengan segala keunikannya. 

Informasi
Nama
Wisata Jurang Senggani Tulungagung
Lokasi
Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Tulungagung
Tiket masuk
Rp.5000 per orang dan 
Rp.5000 parkir kendaraan
Wahana
Flaying Fox, Arena permainan anak, Lokasi berkemah
Akses jalan
Mobil dan sepeda motor bisa masuk, kemudian untuk menjangkau air terjun harus berjalan kaki
Spot foto
Tersedia
Fasilitas
Warung, Toilet, Tempat parkir luas
Wisata disekitarnya
Nyawangan Park, Argo Wilis, Kebun Bunga Krisan, Candi Penampihan






*

3 comments:

  1. Menarik juga ya destinasi wisata di Tulung Agung :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah sekarang sudah semakin banyak destinasi wisatanya..

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools