8 Wisata Hits di Tulungagung Tahun 2018 - Reezumiku

Thursday, January 25, 2018

8 Wisata Hits di Tulungagung Tahun 2018


Parameter populernya suatu tempat wisata saat ini bisa diukur dari seberapa seringnya di-upload ke Instagram, facebook, twitter dan medsos lainnya. ‘Jaman Now’, media sosial adalah hakim yang memutuskan apakah suatu tempat wisata masuk dalam kategori hits atau tidak.

Hanya beberapa pengunjung saja yang mengutamakan fasilitas dan kualitas. Sebagian besar wisatawan sudah cukup puas apabila mereka bisa membawa pulang lebih banyak potret di kamera masing-masing. Dampak buruknya, kuantitas kebersamaan orang-orang terdekat semakin berkurang. Waktu yang seharusnya dihabiskan untuk melepas penat, bercanda dengan keluarga atau sahabat serta menciptakan kenangan indah malah hangus cuma untuk menciptakan kenangan dalam potret belaka.

Bukankah mengerikan? Namun apa daya jika kemodernan sudah menjangkit bak virus menular yang tak ada obatnya. Kecanggihan teknologi, meningkatnya penggunaan internet dan media sosial, serta kemudahan mendapatkan akses wifi semakin memperparah kondisi ‘perburuan foto’ saat ini.

Menyadari akan kebutuhan selfie, para pengelola tempat-tempat wisata secara serempak membangun spot-spot foto yang Instagramable. Strategi itu digunakan untuk menarik wisatawan yang memang membutuhkan ‘stok picture’ untuk media sosial mereka.

Pernahkah kamu mendatangi tempat wisata yang kamu ketahui keberadaannya melalui media-media sosial? Foto-foto yang ada amatlah bagus dan menarik, menggoda mata untuk ikut memakainya sebagai photo profile. Namun saat kamu berkunjung secara langsung, kenyataan tak seindah gambarnya. Tempat wisata yang ‘cuma buat foto saja’.

Terlepas dari bagus dan tidaknya sebuah tempat liburan, berikut ini 8 tempat wisata hits di Tulungagung tahun 2018 dan masih ramai-ramainya diburu wisatawan. Jejaknya bisa kamu ikuti di berbagai media sosial seperti instagram, facebook, dll:

1.      BUKIT JODHO
Setelah di bongkar akibat sengketa lahan beberapa waktu lalu, Bukit Jomblo kini telah berganti wajah menjadi Bukit Jodho. Oh, No! Kenapa nama-namanya bikin baper melulu ya? Okelah. Pihak Perhutani akhirnya kembali menjadikan lahan hutan jati yang ada di Tanggunggunung tersebut sebagai area wisata dengan nama baru yaitu Bukit Jodho. Memang sayang kalau area yang indah itu terbengkalai.

Dari ujung pegunungan Bukit Jodho, kamu bisa melihat pemandangan kota hingga Gunung Budhek. Lalu, apa apa yang berubah di sana? Kalau bukit Jomblo dulunya menyediakan 7 spot foto yang Instagramable seperti sangkar burung, kapal laut yang seolah melayang di udara, rumah liliput dan sebagainya. Bukit Jodho juga punya spot foto unggulan seperti: background kupu-kupu, background bulan, jembatan cinta, dll. Jalan masuknya juga diperbaiki jadi kalau hujan tidak akan becek. Hm…

Informasi
Nama
Bukit Jodho
Lokasi
Gunung Pakis, Pakis Rejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung
Tiket
Rp.5000 parkir motor
Rp.10.000 parkir mobil
Wahana
Spot foto atas awan
Akses jalan
Mobil maupun sepeda motor, jalan mulus
Fasilitas
Warung, Tempat parkir luas, Toilet
Wisata di sekitar
-


2. PANTAI SIORO
Pantai ini sangat bersih dan alami karena jauh dari pemukiman. Objek berfoto paling laris adalah sebuah pulau atau daratan kecil yang ada di tengah laut namun tidak begitu jauh dari bibir pantai. Dari setiap jengkal pantai, kamu bisa mengambil foto dengan background pulau tersebut.

Pantai Sioro memang sulit dijangkau karena jauh dari rumah warga dan rute menuju lokasi satu-satunya adalah jalan setapak. Namun setelah sampai di Pantai Sioro, kamu dapat menghanyutkan segala kelelahan yang kamu rasakan. Banyak photo spot alami yang akan memanjakanmu.

Sebuah batang kayu tumbang akhir-akhir ini juga di jadikan objek berfoto. Jika kamu ingin memiliki koleksi foto yang berbeda, bawalah properti dari rumah seperti yang dilakukan beberapa instagramer yang berfoto di atas ban apung, bergelantungan di hammock, atau membawa papan-papan tulisan puitis yang sedang populer.

Informasi
Nama
Pantai Sioro
Lokasi
Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung,  Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Tiket
-
Akses jalan
Mobil maupun sepeda motor bisa masuk namun jalan rusak parah dan banyak jalan menikung tajam, lalu jalan kaki
Fasilitas
-


3. WANA WISATA JURANG SENGGANI
Air terjun Jurang Senggani sudah lebih dulu populer di kalangan pendaki maupun pecinta wisata alam. Letaknya berada di lereng Gunung Wilis sehingga menjadikan rute yang harus dilalui cukup sulit. Pengunjung perlu masuk ke hutan dan melewati jalan yang cukup melelahkan.

Namun, sejak dibukanya Wana Wisata Jurang Senggani, semakin populer pula air terjun dengan debit air yang deras tersebut. Area berkemah yang berada tidak jauh dari sana juga semakin hits. Apalagi dengan penambahan ornamen berfoto yang makin beragam seperti payung-payung yang digantung, bola warna warni, gardu pandang, area bermain dan spot foto lainnya.

Tempat yang alami tersebut juga dipenuhi pohon pinus yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Belum lagi jika kamu adalah pengunjung yang tinggal di perkotaan. Datang ke Wana Wisata Jurang Senggani akan seperti mengunjungi puncak Bogor atau Kota Batu. Memang nuansa asri sangat mirip dengan kedua tempat tersebut.

Informasi
Nama
Wana Wisata Jurang Senggani Tulungagung
Lokasi
Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung
Tiket masuk
Rp.5000/orang dan 
Rp.5000/parkir kendaraan
Wahana
Flying Fox, Permainan anak, Tempat berkemah
Akses jalan
Mobil maupun sepeda motor bisa masuk, untuk menuju air terjun kamu harus berjalan kaki
Spot foto
Tersedia
Fasilitas
Warung, Tempat parkir luas, Toilet
Wisata di sekitar
Argo Wilis, Kebun Bunga Krisan, Nyawangan Park, Candi Penampihan


4. RUMAH APUNG PANTAI BRUMBUN
Pantai Brumbung beberapa waktu lalu tidak begitu dikenal. Sebagian besar pengunjung hanya menggunakannya sebagai tempat singgah untuk menuju pantai Sawahan Ombo yang terletak di sebelah Pantai Brumbun. Selain airnya yang tidak jernih, pantainya juga tampak biasa saja. Lepas dari semua kondisi Pantai Brumbun, akses jalan yang sulit pun membuat orang malas jika hanya untuk berkunjung ke pantai yang dekat pemukiman warga tersebut.

Namun, sekarang kamu bisa menikmati keindahan Pantai Brumbun dengan wahana barunya. Ya, setelah Pantai Sawahan Ombo mulai ramai, kini Pantai Brumbun ikut berbenah. Terdapat sebuah rumah apung yang saat ini sedang hits di kalangan pecinta wisata.
Untuk mencapai rumah apung, kamu perlu menyewa kapal nelayan. Ombak di sekitar rumah apung juga tidak terlalu besar. Banyak wisatawan yang berenang di sana. Seru sekali. Di Tulungagung memang jarang (bahkan tidak ada) laut yang bisa dipakai berenang seperti di Pantai Brumbun ini. Tapi, pastikan kalau kamu bisa berenang loh. Oh iya, spot foto yang lagi hits juga adalah gardu pandang warna-warni dengan latar pemandangan langsung Pantai Brumbun dan laut yang biru.

Informasi
Nama
Pantai Brumbun
Lokasi
Dk.Brumbun, Ds.Ngrejo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung
Tiket
Rp.5000 parkir kendaraan
Wahana
Rumah Apung
Akses jalan
Mobil maupun sepeda motor bisa masuk namun jalan rusak parah dan banyak jalan menikung tajam
Fasilitas
Warung, Tempat parkir dekat pemukiman, Toilet, Mushola bersih
Wisata di sekitar
Pantai Sawahan Ombo, Pantai Gerangan


5. GAZEBO PANTAI BAYEM
Pantai Bayem terletak di dekat Pantai Klathak dan Pantai Gemah. Jadi akses ke sana sudah sangat nyaman. Sepeda motor, mobil bahkan bus bisa menjangkaunya lewat Jalur Lintas Selatan. Pantai ini cukup asri karena banyak pohon cemara.

Informasi
Nama
Pantai Bayem
Lokasi
Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung
Tiket
Rp.5000 parkir motor
Rp.10.000 parkir mobil
Wahana
Gazebo
Akses jalan
Mobil, sepeda motor, bus, jalan mulus
Fasilitas
Warung, Tempat parkir luas, Toilet
Wisata di sekitar
Pantai Gemah, Pantai Klathak


6. CEMARA SEWU PANTAI SINE
Pantai Sine memang sudah ada sejak dulu. Sekarang semakin ramai karena banyak perombakan yang dilakukan pengelola. Salah satu titik berfoto yang banyak digunakan adalah cemara sewu. Bukan hanya itu lho, Pantai Sine memiliki pemandangan cantik saat sunrise. Danau Cinta yang tidak jauh dari pantai juga merupakan spot foto teramai beberapa waktu ini.

Informasi
Nama
Pantai Sine
Lokasi
Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung
Tiket
Rp.5000 parkir motor
Rp.10.000 parkir mobil
Wahana
Gazebo
Akses jalan
Mobil, sepeda motor, bus, jalan mulus
Fasilitas
Warung, Tempat parkir luas, Toilet
Wisata di sekitar
Pantai Gemah, Pantai Klathak



7. KAMPUNG PELANGI PAGERWOJO
Kampung Pelangi di Tulungagung ini memang lagi hitz karena termasuk lokasi wisata baru yang dibuat agustus 2017 lalu. Memasuki tahun 2018, semakin banyak objek berfoto warna-warni yang di sediakan warga desa Mulyosari tersebut.

Karena namanya Kampung Pelangi, tentu saja pengunjung akan disuguhi beragam warna cerah yang memanjakan mata saat masuk ke sebuah gang tersebut. Seluruh tembok rumah warga dicat dan digambar dengan berbagai macam lukisan yang cantik. Beberapa di antaranya adalah gambar ikan hiu, gambar kupu-kupu, awan, pelangi, bunga-bunga dan berbagai macam lainnya.

Selain gambar-gambar menarik, Kampung Pelangi juga menyediakan spot foto beragam mulai kereta kuda yang dapat dinaiki, balon udara, tempat duduk yang dipenuhi bunga, jembatan pelangi, dan aneka ragam background lainnya.   Ada pula gambar 3D sebuah aliran sungai di sebuah gang kecil. Sungguh kreatif warga ini ya.

Informasi
Nama
Kampung Pelangi Tulungagung
Lokasi
Jl. Raya Pagerwojo, RT IV, RW I, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur
Tiket
Rp.3000 biaya perawatan dan Sumbangan sukarela
Wahana
Spot Foto sepuasnya
Akses jalan
Mobil, sepeda motor, bus, jalan aspal agak rusak
Fasilitas
Warung, Mushola, Toilet
Wisata di sekitar
Waduk Wonorejo, Agro Wisata Kahayangan, Ranu Gumbolo


8. RUMAH HOBBIT
Rumah Hobbit dilounching akhir tahun 2017 lalu. Jadi tempat ini masih sangat fresh dan lagi ramai-ramainya dikunjungi masyarakat. Rumah Hobbit hits dengan tempat berfoto rumah-rumah unik berukuran mini. Hobbit kan emang berukuran tubuh pendek, jadi rumahnya juga tidak begitu tinggi. Keunikan inilah yang mengundang banyak orang untuk berkunjung ke sana.

Selain rumah hobbit, spot foto menarik lainnya adalah banner-banner bersetting luar negeri seperti Venice, Menara Eiffel Paris, dan berbagai suduk kota lainnya. Saat ini, Rumah Hobbit juga masih dalam tahap perbaikan dan penambahan fasilitas untuk memuaskan wisatawan.

Informasi
Nama
Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Lokasi
esa Karanganom, Kecamatan Kauman, Tulungagung (Depan Masjid, sebelum Jambooland Srabah)
Tiket
Rp.3000 Sepeda Motor – Rp.10.000 Mobil
dan
Rp.5000 (ukuran Hobbit/anak-anak) dan Rp 10.000 untuk dewasa (Mendapat bubuk Kopi Dokar)
Wahana
Spot Foto sepuasnya, area bermain anak
Akses jalan
Mobil, sepeda motor, bus, jalan aspal mulus
Fasilitas
Penjual makanan ringan dan minuman, masjid di seberang jalan
Wisata di sekitar
Jambooland Waterpark


Nah, sudah tau kan 8 tempat wisata hit di Tulungagung saat ini.  Kota marmer memang keren dan nggak ada matinya kalau urusan wisata. Akses ke tempat-tempat wisata juga semakin dipermudah.  So, mau ke mana kamu tahun ini???



3 comments:

  1. Paling suka yang ke-8, Rumah Hobbit ini bagus banget pemandangannya, apalagi kalau bawa anak-anak, pasti suka banget. Memang betul sih, zaman now barometernya sosial media, kalo fotonya "jelek", maka jarang peminatnya. Padahal kan memang sudut pengambilan gambarnya yang jelek, bukannya pemandangannya. Ada lagi fotonya menarik dan bagus banget, eh tapi aslinya biasa aja, terkadang foto itu menipu juga loh, mending datengin langsung deh, biar gak penasaran, heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Rummah Hobbit ini memang cocok buat liburan keluarga. ada tempat bermainnya lagi. Moga-moga makin banyak aja tempat wisata yang bukan cuma asyik buat foto tapi juga buat bercengkrama sama keluarga. >.<

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools