Mengenal Flora di Agro Wisata Kahayangan Pagerwojo Tulungagung - Reezumiku

Wednesday, January 17, 2018

Mengenal Flora di Agro Wisata Kahayangan Pagerwojo Tulungagung


Kahayangan… Berasa di atas awan gitu ya?!

Iya, memang. Agro wisata yang masih dalam tahap perbaikan ini memang berada di dataran tinggi kecamatan Pagerwojo. Kurang lebih seratus meter jaraknya dari pertigaan Waduk Wonorejo.  Kalau ke kiri itu arah Waduk Wonorejo dan Ranu Gumbolo, nah Agro Wisata Kahayangan Tulungagung ini harus belok kanan. Lebih tepatnya bersebelahan dengan SMPN 1 Pagerwojo. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa melihat peta pada akhir tulisan ini.

Ada apa saja di Agro Wisata Kahayangan???


Bunga. Iya, ada taman bunga yang indah dan cantik di sini. Tumbuhan dengan beragam koleksi tersebut juga dijual untuk pengunjung yang berminat. Saya  sendiri tertarik dengan bunga anggrek yang bermacam-macam jenisnya. Meski tidak begitu paham dengan dunia flora, tapi bagi saya, anggrek adalah bunga yang mencerminkan keanggunan yang bermartabat. Like a princess.

Selain itu, kedatangan saya bertepatan dengan mawar yang bermekaran. Sangat indah dan berwarna-warni. Baunya juga harum, membuat betah berlama-lama. Semua yang ada di sini bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Harganya juga cukup terjangkau dibandingkan tempat-tempat lain. Pilihannya pun beragam.
Di tempat ini juga terdapat sebuah gardu pandang dengan pemandangan pepohonan dan kota Tulungagung dari kejauhan. Gardu pandang tersebut tidak dapat memuat banyak orang. Hanya dsatu dua orang saja yang boleh naik secara bersamaan. Tidak jauh dari area gardu pandang, terdapat balai yang cukup luas di sebelah kanan. Tempat itu biasanya digunakan untuk beristirahat atau makan-makan. 


Agro Wisata Kahayangan mulai ramai pengunjung sejak awal Januari 2017 lalu. Tempat ini dibuka atas kerjasama pemerintah setempat dengan para warga sekitar. Alhamdulillah jadi semakin banyak lapangan pekerjaan bagi warga dengan membuka warung dan pekerja kebun. 



~Update Januari 2018~

Setelah mengunjungi Kampung Pelangi Tulungagung, saya mampir ke Agro Wisata Kahayangan yang letaknya tidak terlalu jauh. Dulu sudah pernah ke sini waktu awal-awal tempat tersebut dibuka. Bahkan saya ingat kalau dulu sempat berbincang dengan beberapa orang di sana akan rencana pembangunan tempat ini.

Ternyata memang sudah banyak perubahan yang terjadi di area luas tersebut. Berselang hampir satu tahun, Agro Wisata kahayangan menambahkan berbagai fasilitas baru untuk pengunjung. Selain memilki beragam tanaman hias, area wisata ini kini memiliki spot foto keren berbentuk hati. Keren dan cantik apalagi dengan background alam yang sejuk. Sepertinya memang belum banyak orang yang mengunggah tempat ini ke media massa.
Selain sebagai tempat foto yang menarik, kini juga telah disediakan beberapa balai-balai dan tempat duduk dengan ornamen batu dan kayu. Sangat nyaman dan sesuai dengan pemandangan alamnya. Agro Wisata Kahayangan Pagerwojo ini cocok banget buat orang tua yang ingin mengenalkan dunia flora secara langsung kepada anak masing-masing. Kemarin saja, waktu saya tiba, sudah ada segerombolan anak-anak TK berseragam didampingi orang tua mereka sedang mengamati lingkungan sekitar.



Berikut ini beberapa keuntungan mengajari anak tentang dunia flora secara langsung:

1.
Anak akan mudah paham dengan contoh nyata/konkret.
Daripada hanya lewat buku, menunjukkan benda nyata akan lebih mudah diingat oleh anak. Contohnya sepirti bentuk bunga anggrek, aroma bunga mawar, tumbuhan yang beragam, fenomena kumbang atau kupu-kupu yang mengisap madu, dll.

2.

Menciptakan perasaan lebih mencintai alam utamanya tumbuhan.
Dengan menjelaskan dan menunjukkan langsung bagaimana proses awal biji hingga dapat menjadi tumbuhan atau pohon, serta bagaimana siklus hidup tumbuhan akan dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap anak dan lingkungan. Mereka akan lebih menghargai alam karena tau bahwa tumbuhan adalah makhluk hidup yang dapat tumbuh dan mati.

3.
Memacu keatifitas anak.
Bermain di dalam kelas pasti sangat membosankan. Untuk itulah, mengajak anak ke area terbuka seperti Agro Wisata Kahayangan ini sangat membantu anak untuk lebih kreatif. Mereka akan merasa lebih nyaman dan leluasa mengasarh rasa ingin taunya.


Sekarang saatnya mengenalkan anak pada dunia flora yang indah dan beragam. 
Selamat liburan!!!



INFORMASI
Nama
Agro Wisata Kahayangan
Alamat lokasi
Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor, mobil, mini bus. Aspal agak berlubang di beberapa titik. Angkutan umum tidak ada.
Tiket masuk
Gratis + arkir sepeda motor Rp.3000
Fasilitas
Toilet, Mushola, Warung
Wisata di sekitarnya
Kampung Pelangi Tulungagung, Waduk Wonorejo, Ranu Gumbolo Tulungagung

š|

3 comments:

  1. Penting banget loh ngajarin anak agar lebih dekat dengan alam, supaya bisa menghargai alam dan juga hewan. Bagus nih buat edukasi bagi anak-anak... Tempatnya sejuk banget dan indah euy....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... untung aja di Tulungagung makin banyak tempat bermain anak seperti ini.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools