Jangan Lupakan Wisata Tulungagung Pantai Popoh, Kenangan Liburan Bersama Keluarga di Masa Kecil - Reezumiku

Monday, August 27, 2018

Jangan Lupakan Wisata Tulungagung Pantai Popoh, Kenangan Liburan Bersama Keluarga di Masa Kecil


Di tahun 90an hingga tahun 2000an, bila ditanya tempat wisata pantai manakah yang terkenal di kota Tulungagung, pasti kebanyakan orang akan menjawabnya dengan menyebutkan Pantai Popoh. Namun, kini seiring berkembangnya jaman dan banyak ditemukannya wisata-wisata baru pantai Tulungagung, seperti Pantai Gemah, Pantai Bayem, Pantai Sine, Pantai Dlodo, Kedung Tumpang, dan lain sebagainya, nama Pantai Popoh seakan tenggelam ditinggalkan oleh peminatnya.

Benarkah seperti itu?

Eits, jangan salah! Meskipun sekarang ini gaung Pantai Popoh sudah tak sepopuler dahulu kala tapi wisata Pantai Popoh tetap mencoba bertahan untuk terus hidup. Pantai Popoh tetap menjadi salah satu objek wisata andalan daerah Tulungagung. Buktinya, di kawasan wisata ini masih diadakan berbagai acara besar, baik itu acara musik ataupun budaya yang pada hari-hari besar nasional, ataupun hari libur lainnya, seperti tahun baru masehi dan tahun baru islam.

Meski, untuk hari-hari biasa kawasan wisata disini tak seramai pada hari-hari libur tertentu yang disebutkan tersebut. Kehidupan pariwisata di tempat ini masih tetap diupayakan untuk terus dijalankan. Kira-kira, kamu, pembaca sekalian sudah pernahkah berwisata ke sini? Mungkin ada banyak variasi jawabannya, seperti:
“Sudah pernah. Dulu sich, waktu masih kecil pernah diajak keluarga berwisata kesini dan sekarang sudah lupa Pantai Popoh itu seperti apa”.
“Oh, sudah pernah beberapa kali pergi kesana”.
“Aku belum pernah. Soalnya, kagak ada yang ngajak pergi kesana dan tidak tahu Pantai Popoh itu seperti apa.”

Kira-kira kamu yang mana? Ataukah, kamu punya jawaban sendiri?

Karena banyak yang sudah melupakan tentang Pantai Popoh dan ada pula yang belum pernah mengetahui Popoh itu seperti apa, yuk kita ingat-ingat lagi kenangan tentang Pantai andalan Kabupaten Tulungagung di masa lalu ini! ^_^


Letak dan Akses Menuju Tempat Wisata Pantai Popoh

Pantai ini terletak di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Kode Pos 66382, Indonesia. Lengkap tuch alamatnya. Dari pusat kota Tulungagung diperlukan waktu kurang lebih 1 jam (tergantung kecepatan kendaraannya) untuk sampai disana. Jarak pantai ini dari pusat kota sekitar 33 km. Kita dapat menuju tempat wisata pantai popoh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor, bahkan bisa pula dengan menggunakan bis.

Rute yang harus ditempuh dari pusat kota bisa dimulai dari daerah Tamanan, lalu terus mengikuti jalan ke selatan hingga sampai di pertigaan Pasar Campurdarat. Disana sudah ada papan besar penunjuk arah menuju Pantai Popoh di pinggir jalan bila kamu perhatikan yang mana sejalur dengan arah ke Pantai Gemah. Lalu belok kiri, terus lurus mengikuti jalan hingga melewati Desa Gamping, Ngentrong, Dan Desa Besole.

Disinilah letak Jalan Raya Popoh yang kemudian bisa terus ikuti jalan menuju Jalan Neyama. Sampai di Desa Gambiran ada board besar yang menampilkan reklame wisata Pantai Popoh dan selanjutnya di pertigaan ada sebuah gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang Di Pantai Popoh”.

Setelah mewati gerbang tersebut, lurus saja mengikuti jalan, sebab kamu sudah berada di jalan menuju Jalan Pantai Popoh. Selanjutnya, jalan akan mulai naik-turun dan berkelok-kelok dengan pemandangan di sepanjang perjalanan yang kita lalui hutan jati dan lahan pertanian tegalan warga sekitar. Dikarenakan jalannya yang berkelok-kelok dan naik-turun, diharapkan bagi pengendara untuk tetap berhati-hati.

Di tengah perjalanan nanti akan kita temui tempat untuk membeli tiket masuk ke kawasan wisata Popoh. Disini kita akan diberi 2 tiket. 1 tiket untuk masuk ke Popoh dan 1 tiket untuk masuk ke Pantai Sidem. Kita bisa memilih nich mau ngambil yang mana. Harga tiket masuknya adalah Rp. 5.000 per orang. Tapi, untuk bus sekitar Rp. 120.000 untuk satu bus. Selanjutnya, bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai di area parkiran Pantai Popoh. Ada biaya parkir sendiri untuk setiap jenis kendaraan. Setelah itu apa lagi, kita bisa langsung menikmati pesona yang disajikan oleh kawasan wisata ini seberapa lama pun yang kita inginkan, sebab kawasan ini buka 24 jam.


Fasilitas Yang Ada Di Kawasan Wisata Pantai Popoh


Namanya tempat siwata, tentunya di Popoh kita bisa menjumpai warung penjual makanan dan minuman yang menjual beraneka makanan hingga sajian seafood yang special. Ada pula toilet dan kamar mandi dengan jumlah yang memadai, serta mushola untuk tempat sholat yang nyaman. Di Pantai Popoh juga terdapat Kebun Binatang Mini yang di dalamnya ada berbagai binatang yang unik, serta taman bermain yang diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin bermain ayunan, seluncuran, dan putar-putaran.

Tak kalah lengkap lagi, terdapat  toko souvenir untuk membeli oleh-oleh, dan yang baru-baru ini disediakan pengelola  adalah sebuah kolam renang yang dikhususkan untuk para pengunjung agar tidak berenang di pantai. Sebab, pantai popoh ini terletak di Pesisir Samudra Hindia, sehingga deburan ombaknya tinggi. Meskipun begitu, panorama pantainya sangat cantik, kita bisa berfoto-foto disana.

Perlu diketahui, Pantai Popoh terbagi menjadi dua kawasan, yaitu bagian timur dan bagian barat. Pada bagian timur memiliki wilayah yang cukup terjal, berbatu-batu, dan deburan ombaknya cukup besar. Kita tidak dapat berjalan di pesisir pantainya, sebab telah dipasangi garis pengaman bagi pengunjung oleh pengelolanya.

Sedangkan, pada bagian barat terbilang lebih landai dan berombak kecil. Di sinilah kita bisa berwisata bahari. Selain bisa melihat perahu nelayan yang ingin melaut, kita juga bisa melihat banyak perahu wisata, bahkan menyewanya untuk mencoba pengalaman melihat laut dari dekat. Dengan menyewa perahu ataupun kano disini, kita bisa berkeliling area pantai. Biayanya pun relative murah, apalagi bila kita menyewanya secara rombongan.


Hal Yang Unik di Pantai Popoh Yang Bahkan Jarang Dimiliki oleh Daerah Wisata Pantai Lainnya

Di Pantai Popoh ada sebuah makam yang dipercaya sebagai makam leluhur. Banyak pecinta sejarah kuno yang tertarik untuk istilahnya “ziarah” di tempat ini. Selain itu, di Pantai Popoh sering diselenggarakan upacara ritual yang namanya Labuh Sembonyo yang biasanya diadakan pada hari-hari tertentu, seperti misalnya pada 1 suro. Para pengunjung diizinkan melihat secara langsung ritualnya tanpa dipunggut biaya tambahan sambil menikmati keindahan alam laut pantainya. Di kawasan Pantai Popoh ini ada juga Pendopo Agung Popoh yang sering mengadakan upacara-upacara tradisional seperti tari-tarian tradisional.

Ah, ketinggalan satu lagi, di Popoh terdapat TPI atau Tempat Pelelangan Ikan. Jadi, disini banyak dijual ikan-ikan segar yang ditangkap oleh para nelayan di sekitar sini dengan beragam jenis. Kamu bisa beli ikan apa yang sekiranya ada yang kamu inginkan, baik itu yang masih segar atau yang sudah dibakar. Selain itu, spot sunset di kawasan ini sangat indah. Bila kamu datang kesini, ada baiknya untuk menunggu hingga waktu terbenamnya matahari untuk mengabadikan panorama sunset yang indah.


Gimana? Menarik bukan tempat wisata Pantai Popoh ini? Penasaran ingin tahu seperti apa tempatnya? Cuss, langsung saja tentukan jadwal senggangmu dan ajak teman ataupun keluarga untuk berlibur kesini. Bagi yang sudah pernah ke Popoh, silahkan bisa mengungkapkan bagaimana menurutmu tempat wisata ini di kolom komentar di bawah ini. Atau, kira-kira ada yang kurang dari apa yang aku sampaikan? Bisa kok kamu sampaikan di komentarmu. Sampai jumpa di ulasan tempat wisata pantai Tulungagung lainnya.



Source image: Instagram
@dolantulungagung @damarwilis
@jelajahtulungagung @rekacrist
@chika_prita
@didotsantosa
@syaiful_yusuf13

1 comment:

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools