Yuk, Mencoba Wisata Pantai Pantai Gerangan, Sekalian Mampir ke Pantai Brumbun! - Reezumiku

Thursday, August 30, 2018

Yuk, Mencoba Wisata Pantai Pantai Gerangan, Sekalian Mampir ke Pantai Brumbun!



Nama Pantai Gerangan mungkin terdengar asing bagi sebagian besar warga Tulungagung. Memang namanya tak sepopluer Pantai Tulungagung yang sedang hits saat ini, seperti Pantai Gemah, Popoh, Klathak, Kedung Tumpang, ataupun Dlodo. Tapi, kalau Pantai Brumbun pernah dengar kan? Pantai Gerangan ini letaknya bersebelahan dengan Pantai Brumbun dan Pantai Sawahan Ombo. Apa sich yang menarik dari pantai ini?


Yuk, Kenalan Dengan Pantai Gerangan!


Titik tepat letak lokasi Pantai Gerangan ini berada di Dusun Wonokoyo, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kalau kita dari kota Tulungagung ingin wisata pantai ke pantai ini, kita harus menempuh perjalanan yang lumayan tak singkat dan cukup melelahkan.

Jaraknya dari Alun-Alun kota sekitar 35 km. Dibutuhkan waktu sekitar 65 menit untuk menempuhnya dengan menggunakana kendaraan bermotor. Untuk rutenya, ada dua jalur yang bisa ditempuh.

Pertama, dari Alun-Alun Kota Tulungagung bisa memulai perjalanan ke arah Desa Besole, lalu lanjut ke arah Pantai Popoh. Ketika sampai di pertigaan ke kanan arah Pantai Popoh, kita ambil jalan menuju ke arah Pantai Brumbun.

Option kedua, sama seperti option pertama, dari Alun-Alun Kota Tulungagung bisa memulai perjalanan ke arah Desa Besole, tapi ketika sampai di pertigaan SMAN 1 Campurdarat, kita bisa ambil jalan belok kiri yang mana nantinya kita akan melalui jalan di Desa Tanggunggunung, lalu menuju jalur ke Pantai Brumbun.

Di kedua option rute tersebut kita akan disuguhi pemandangan Gunung Tanggul di sebelah barat dan hamparan luas kebun jagung. Jalan yang harus kita tempuh akan banyak melewati jalan yang berliku dan naik-turun, bahkan ada beberapa titik yang curam. Diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan dalam mengendarai kendaraan.

Bila sudah sampai di jalan bercabang (kamu bisa tanya ke warga sekitar atau pengunjung pantai lainnya tentang jalan bercabang ini), ambillah jalur ke kiri yaitu menuju Pantai Gerangan. Kalau jalur kanan akan menuju Pantai Brumbun. Ketika sudah menemukan pemukiman warga berarti kamu sudah sampai di Pantai Gerangan.

Berwisata ke Pantai Gerangan Tulungagung tidak dipungut tiket masuk. Jadi, kita bisa berwisata alam secara gratis. Tapi ya itu, kita harus menempuh perjalanan yang tidak mudah untuk kesananya. Apalagi, bila di beberapa bagian jalannya ditemui jalan yang rusak dan berbatu. Kita harus ekstra sabar dan hati-hati dalam melajukan kendaraan. Sehingga, untuk berwisata kesini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau bisa pula mobil. Bila menggunakan kendaraan umum akan sangat sulit dan tentunya merepotkan bila harus ganti angkot dan ojek menuju kesana. Namun, segala kesulitan yang kita hadapi untuk mencapai pantainya akan terbayarkan bila kita sudah berada disana.


Apa Sich Yang Menarik Dari Pantai Gerangan?


Pantai Gerangan ini letaknya bersebelahan dengan Pantai Brumbun, jadi dekat dengan pemukinan nelayan. Penduduk lokalnya sangat ramah terhadap pengunjung yang datang untuk berwisata kesini. Kendaraan bisa kita parkirkan di area parkiran yang tersedia di tempat ini.
Bila merasa lapar setelah menempuh perjalanan jauh, kita bisa singgah dahulu di warung warga sekitar. Disini juga tersedia fasilitas lainnya, seperti toilet dan mushola untuk melaksanakan sholat. Meskipun sedang dalam perjalanan jauh, sholat tetap harus wajib dilaksanakan bukan? Setelah beristirahat sejenak, serta melaksanakan keperluan pribadi, dan lain sebagainya. Selanjutnya kita bisa mengeskplor hal-hal menarik di Pantai Gerangan.

Satu hal yang menjadi daya tarik di pantai ini adalah keindahan alamnya yang masih begitu tenang dan asri. Di sepanjang tepi pantai ditumbuhi pepohonan besar yang mana kita bisa duduk-duduk di bawahnya sambil memandang lautan yang berwarna biru kehijau-hijauan dan deburan ombaknya yang tidak terlalu besar. Pasir pantainya kombinasi putih dan hitam agak kasar, namun masih nyaman ketika diinjak. Kita juga bisa bermain-main diatasnya. Selain duduk di atas pasir, kita juga bisa duduk di kanopi-kanopi di bawah pohon yang telah dibuat oleh penduduk sekitar.

Panjang Pantai Gerangan ini hanya sekitar 100 meter dari ujung satu ke ujung yang lainnya. Di bagian ujung sebelah kanan atau baratnya akan ada muara kecil dan juga tebing yang ada anak tangga yang terbuat dari beton. Kita bisa menikmati pemandangan sekitar pantai dari atasnya. Sedangkan, di sebelah ujung kiri atau bagian timur pantainya terdapat muara yang membelah pasir-pasir pantai dan gugusan bukit kapur. Bila air pasang, maka tempat ini akan tergenang air laut. Tentunya, berkeliling Pantai Gerangan akan memberikan pengalaman perasaan damai bagi kita yang ingin lepas dari kebisingan kota.


Tips Dan Saran Bila Berwisata Ke Pantai Gerangan


Bila ingin berwisata ke Pantai Gerangan ini, kita perlu menyiapkan kondisi fiisk yang fit. Mengingat bahwa jalur tempuh menuju pantainya tak sebentar dan harus melewati jalanan yang naik-turun. Maka kondisi badan yang fit sangat diperlukan. Bila perlu bawa persiapan sendiri dari rumah, seperti uang saku yang cukup, baju ganti, tisu, antiseptic, sunblock, payung, kacamata, topi, mukena bagi kaum hawa, dan lain sebagainya. Pastinya HP tak akan ketinggalan, selain diperlukan kameranya untuk berfoto-foto juga dibutuhkan akses internetnya untuk Google Maps ketika tak tahu arah jalan. Jika sudah sampai di tempanya, jagalah selalu kebersihan, tidak buang sampah sembarangan, jangan buat kegaduhan, serta patuhi peraturan dan larangan yang berlaku disana. Tak boleh dilupakan pula untuk selalu menjaga barang bawaan agar tidak tertinggal atau tercecer. Bakal susah ‘kan jika waktu mau pulang ternyata ada barang yang tertinggal dimana gitu?

Satu lagi nich yang seharusnya dilakukan, yaitu jangan berlibur kesininya sendirian. Selain ketahuan Jones-nya (uups..) nanti malah dikira anak hilang. Sebaiknya, ajak dua atau tiga temanmu yang juga suka wisata Tulungagung untuk bersama-sama pergi kesini. Akan asyik kalau kita berwisatanya beramai-ramai bersama teman. Jadi, yuk mencoba berwisata ke Pantai Gerangan! Jangan lupa ikut nimbrung tulis komenmu di kolom komentar ya… Sampai jumpa.


Semoga tulisan ini membantu. Koleksi foto lebih lengkap di IG @Reezumiku_Blog


2 comments:

  1. Cakep ya ..., pantainya dilihat dari atas mirip Teluk. Dikepung 2 dataran besar.

    Aku baru dengar kali ini nama pantai Gerangan.
    Luar biasa ya kekayaan alam Indohesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar melengkung kayak teluk. Pantainya masih sulit diakses padahal dekat pemukiman. makanya jarang terpublikasi ke publik. Semoga tempat wisata pantai di Tulungagung bisa semakin maju dan mendatangkan banyak wisatawan.

      Delete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools