#Bukainspirasi dari Bukalapak.Com, Berkreasi dengan Limbah Kain hingga jadi Aksesoris Cantik - Reezumiku

Wednesday, September 26, 2018

#Bukainspirasi dari Bukalapak.Com, Berkreasi dengan Limbah Kain hingga jadi Aksesoris Cantik


Pernahkah berfikir untuk membantu meringankan ekonomi keluarga atas biaya pendidikanmu dengan usaha yang dihasilkan dari keringat sendiri? Kita memang tidak bisa memilih dilahirkan dari keluarga yang mana. Namun setiap individu pasti punya takdir istimewanya masing-masing. Dan, inilah kisahku mencari uang saku sambil nyambi kuliah. Semoga bisa #BukaInspirasi bagi kawan semuanya.

Waktu awal masuk kampus, bapak adalah seorang pensiunan PNS dan ibu mengurus rumah tangga. Penghasilan mereka memang cukup untuk biaya sehari-hari sekaligus biaya kuliah. Namun kecukupan tersebut sering membuat saya harus berhemat uang saku. Tahu sendirilah kalau tugas kuliah butuh pengeluaran yang tidak sedikit.

Berawal dari banyaknya keperluan kampus yang harus dituntaskan, sementara saya tak tega meminta lebih pada orang tua, terbesit niat untuk mendapat uang dengan usaha sendiri. Kebetulan saya sempat membantu saudara membuat pakaian pengantin (mborji istilahnya). Waktu SD dulu suka banget mainin benang. Kadang di kasih 500 rupiah karena sudah membantu dan rasanya seneng banget dapat uang tersebut.

Di situlah saya teringat akan keinginan jaman SMK untuk berkreasi dengan suatu kerajinan. Dulu, awal-awalnya, saya membuat bros dari kain-kain sisa dan barang-barang bekas yang saya temukan dirumah. Biasanya ada sisakain yang motifnya cantik dan sayang untuk dibuang. Dengan sedikit teknik cutting serta penambahan pernak-pernik, barang tersebut berubah jadi bros unik.

Awalnya saya tidak Percaya diri untuk menjual kreasi tersebut, jadi saya hanya memakainya sendiri. Alhamdulillah, bisa dibilang bros yang saya buat tidak buruk-buruk amat. Cocoklah dipakai sebagai aksesoris di kerudung untuk keluar rumah atau jalan-jalan. Saat saya menggunakan bros yang saya buat sendiri itu, di kampus, teman-teman mulai melirik dan tanya-tanya, “beli dimana?”.

Tidak satu-dua teman yang menanyakan hal tersebut. Saya cukup tersanjung waktu teman-teman mengatakan bros yang saya buat bagus. Bahkan, ada yang meminta saya untuk membuatkannya bros juga. Sejak itulah kepercayaan diri mulai meningkat. Akhirnya, hobi tersebut mulai menghasilkan uang sedikit demi sedikit. Produk yang saya buat pun semakin beragam, mulai dari bando, gantungan kunci flannel, jepit rambut, kotak tissue, boneka mini, hingga souvenir wisuda. Lalu, disinilah mulainya saya menjalankan usaha membuat pernak-pernik aksesoris dengan serius.


“Mimpi akan jadi nyata ketika kita mulai melakukan hal-hal kecil untuk mewujudkannya”

Berawal dari bahan kain sisa pakaian saja bisa menghasilan uang. Dengan sedikit kreativitas dan lebih banyak keberanian untuk memulai dengan langkah kecil, hal yang tak mungkin bisa menjadi nyata. Permintaan pesanan yang semakin banyak menuntuk saya lebih produktif. Saya mulai menggunakan kain-kain yang lebih beragam.

Kemudian, saya kepikiran untuk menitipkan produk yang saya buat ke toko sekitar rumah. Dari sini mulailah saya membuat brand untuk produk aksesoris dan tak lupa membuat desain untuk kemasannya. Awalnya tak mudah untuk menawarkan dan menitipkan dagangan di toko-toko sekitar rumah. Rasa malu dan canggung haruslah saya hadapi. Tapi, dengan yakin, saya mulai mengumpulkan keberanian dan tak takut untuk mencoba. 

Penjualan dari menitipkan produk aksesoris saya di toko-toko tak menghasilkan keuntungan yang banyak. Akhirnya, saya mulai untuk memasarkan produk melalui Facebook. Selain memposting produk yang saya jual di akun Facebook milik sendiri, saya juga membuat akun khusus untuk memasarkannya. Kadang pula saya ikut bazaar dan join teman untuk menjual produk pada stand-stand yang disediakan. Alhamdulillah, lama kelamaan hasil penjualan produk saya ada peningkatan.


Berkenalan Dengan BukaLapak Yang Tak Hentinya #BukaInspirasi Saya Untuk Terus Menjalankan Usaha Ini

Setelah beberapa tahun menjalankan usaha ini, banyak pengalaman yang telah saya alami. Tidak terus-menerus penjualan produk saya bagus. Bahkan, tak jarang permintaan aksesoris sepi selama berbulan-bulan sehingga, pendapatkan pun stuck. Malah, pernah saya kepikiran untuk berhenti karena pemasukan tak begitu menjanjikan.

Muncullah iklan BukaLapaksaat saya sedang menonton TV. Pada awalnya, saya hanya ketawa saja menyaksikan iklannya. Soalnya, kontennya sangat lucu. Tapi, saya penasaran juga, karena dikatakan bahwa BukaLapak ini adalah tempat belanja online. Online??? Wah kenapa saya tak pernah terfikir sama sekali.

Facebook memang media online. Beberapa orang memanfaatkannya untuk jualan. Namun karena dikelola pribadi, jadi jaringannya tidak bisa meluas. Pembelinya pun jarang dan tidak dapat menjangkau keseluruhan orang. Akhirnya, mulailah saya browsing dan mencari tahu tentang BukaLapak. Yang awalnya hanya untuk mengisi rasa penasaran, akhirnya bisa #BukaInspirasi untuk kondisi yang sedang saya alami.

BukaLapak merupakan salah satu marketplace atau tempat Belanja Online Indonesia terkemuka yang menyediakan sarana jual-beli secara online. Di sini, semua orang dapat membuka toko online dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak. Dengan slogannya Jual-beli online mudah dan terpercaya”, pihak BukaLapak memberikan jaminan belanja online yang aman baik itu bagi penjual maupun pembelinya. Ada banyak timbal balik positif yang bisa didapatkan bagi pemilik produk/pelapak maupun pembeli yang bertransksi di sini.  


Keuntungan bergabung dan membuka lapak di BukaLapak:

~
Penjual akan menerima SMS notifikasi setiap kali ada pesanan.
~
Dengan dukungan sistem yang dijalankan, penjual bisa fokus berjualan online tanpa perlu buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
~
Akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem pada setiap transaksi yang sukses dilakukan.
~
Penjual akan pasti langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli memberi ulasan pesanan atau 2×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
~
Mendapatkan prioritas di mesin pencarian, karena setiap halaman barang penjual telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization).
~
Perhitungan ongkos kirim otomatis dari sistem.
~
BukaLapak sangat inspiratif dalam membangun semangat kewirausahaan serta mendukung pelaku UKM Indonesia untuk mengembangkan usahanya.


Keuntungan bagi pembeli yang membeli barang di BukaLapak:

~
Bisa berbelanja tanpa perlu harus registrasi.
~
Toko online yang sering mengadakan promo diskon.
~
Estimasi untuk biaya kirim tampak jelas dan lebih mudah dengan tanpa harus mengklik tombol beli.
~
Metode pembayaran dan transfernya cukup lengkap dan banyak pilihannya.
~
Barang yang dipesan akan dikirim maksimal 2 hari kerja setelah bayar.
~
Cepat dalam verifikasi pembayarannya melalui transfer.
~
Website-nya jarang maintenance, stabil, dan anti-lag.
~
Hampir tidak ada produk Spam. Penjual yang tidak aktif akan dijelaskan secara langsung.
~
Secara keseluruhan hasil pencarian di BukaLapak sangat bagus dan informatif.

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan oleh pihak penjual maupun pembeli di BukaLapak ini, maka tak heran bila BukaLapak menjadi Online Shop Terbaik di Indonesia. Mengetahui hal tersebut, saya kepikiran juga nich buat bergabung disini. Apalagi, cara bergabungnya pun sangatlah mudah.



Cara Memiliki Akun BukaLapak

Download aplikasi BukaLapak di Playstore atau buka secara online di laptop/komputer. Kemudian ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk bergabung dan memiliki akun di BukaLapak, yaitu:

  1. Dengan mendaftar menggunakan E-mail.
  2. Dengan mendaftar menggunakan akun Facebook.
  3. Dengan mendaftar menggunakan akun Google.
  4. Dengan mendaftar menggunakan Nomor Handphone.

Cara lebih jelasnya bisa dibaca pada link berikut ini https://www.bukalapak.com/bantuan/akun/daftar

Baik itu dengan menggunakan e-mail, akun facebook, akun google, ataupun nomor handphone, tak susah untuk bergabung di BukaLapak ini. Waktunya pun tidak lama karena prosesnya mudah dan cepat. Aplikasinya mudah diakses dan tak loading lama.

Mengetahui kemudahan mempromosikan produk secara online tersebut, tentunya semakin memotivasi saya untuk terus berkarya membuat berbagai model pernak-pernik aksesoris yang cantik. Apalagi, dengan misi yang diusungnya, Memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia”, maka saya pun terinspirasi untuk bisa sukses dengan usaha yang saya tekuni ini bersama dengan BukaLapak. Terimakasih BukaLapak #BukaInspirasi telah mengobarkan kembali semangat berkreasi!!!

#BukaLapak #BukaInspirasi

2 comments:

  1. Di Bukalapak ini turut membantu promosi para UKM khususnya di desa. Produknya keren dan kreatif mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.... krn hobi jadi seneng aja. Dan adanya media promosi sekaligus jualan seperti Bukalapak ini sangan membantu pelaku UKM, kaya saya. hehee

      Delete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools