Kalah main Uno Stacko di kafe Omah Nenek, Harus Hafalan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 - Reezumiku

Tuesday, May 28, 2019

Kalah main Uno Stacko di kafe Omah Nenek, Harus Hafalan Surat Al Kahfi Ayat 1-10


Sekarang ini, konsep kafe, tempat makan dan area nongkrong telah melenceng dari fitrahnya. Ya, tempat makan ya buat makan, kafe dan tempat nongkrong harusnya untuk bercengkrama dengan kerabat maupun teman. Tapi, semua itu terurai tanpa makna semenjak adanya makhluk astral tak berwujud alias "Wifi". Bener nggak?

Jaringan nir kabel yang mampu menerobos ruang dan udara ini telah menjadi racun manis hingga menjauhkan orang-orang yang dekat fisiknya. Makan sambil internetan, nongkrong sama teman tapi malah ngobrol sama orang lain melalui HP masing-masing. Kafe pun akhirnya hanya menjadi alibi bagi kaum milenial untuk mencari akses wifi tercepat dan terbaik, bukan untuk silaturahmi sama kerabat atau teman.

Kafe Omah Nenek menyuguhkan nuansa berbeda. Meski tetap dilengkapi wifi, namun saat masuk ke ruang satu ini, kita akan merasakan kenyamanan ala rumah nenek. Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman mampir ke sini usai liqo pekanan. Memang pengen ngumpul aja karena lama nggak ngobrol santai.


Omah nenek yang cozi-pun akhirnya menjadi pilihan. Aku suka banget dengan dekorasi dan furniture yang digunakan, klasik serta kreatif. Di sini, kita akan menemukan barang-barang tempo dulu, mislnya tape beserta kaset gulung yang sekarang sudah sangat langka. Teko lurik berwarna hijau putih juga menjadi ciri khas perabot jaman dulu. Apalagi beberapa meja dimodifikasi dari mesin jahit manual. Semua benar-benar mengingatkan pada masa lampau.

Kalau makanannya sih kebanyakan menu ringan, nggak ada menu tradisionalnya. Biasanya aku dan temen-temen pesan snack dan minuman segar sebagai teman ngobrol. Apalagi di Omah Nenek menyediakan mainan-mainan seru yang dapat mengisi aktivitas sekaligus quality time bareng sahabat.


Kita pun akhirnya heboh dengan Uno Stacko. Sebelum memainkan, sudah ditentukan kalau yang kalah harus hafalan salah satu surat di juz 30 alias surat pendek. Karena pada nggak mau kalah, semua wajah serius menatap potongan-potongan plastik berbentuk persegi panjang tersebut. Tiap kali tumpukan bergoyang entah itu karena angin tau sedikit getaran, semuanya pada nahan ketawa sambil teriak lirih.

Hingga pada suatu titik dimana Shophia menjatuhkan batangan-batangan itu. Spontan kita teriak keras hingga pengunjung lain langsung menoleh. Agak malu sih, tapi kalau malunya ramai-ramai ya nggak begitu terasa. Haha… Akhirnya Shopia milih surat Al-Khahfi saja sebagai hukuman.

[ BACA JUGA : Pengen Hijrah Tapi Susah Banget, Coba Beberapa Tips Paling Simple Buat Muslimah yang Ingin Mulai Berhijab ]

Agak kaget sih, mengingat bahwa aku sangat sulit menghafal Surat Al-Khahfi. Namun sobatku yang satu itu sudah melafalkan dengan lancar. Sekali lagi, aku termotivasi olehnya untuk lebih rajin lagi hafalan surat-surat Al-Quran. MasyaAllah, aku bahagia mengenal sahabat-sahabat seperti mereka. Dulunya nongkrong cuma buat senang-senang dan membincangkan hal tak berguna, sekarang bisa diisi dengan kegiatan kecil yang lebih bermakna.

Semoga Allah mudahkan bagi siapapun yang sedang mempelajari Al-Quran hingga mampu mengamalkannya. Amin….


Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.”

(HR. Muslim no. 809)

1 comment:

  1. Kami dari keluarga besar dewalotto
    Mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1440 H,
    Semoga dihari yang istimewa ini akan membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan untuk semua orang ,
    Minal ‘aaidiin wal faaiziin , Mohon maaf lahir dan batin .

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools