Membumikan Gas Bumi sebagai Energi Baik untuk Negeri - Reezumiku

Sunday, November 26, 2017

Membumikan Gas Bumi sebagai Energi Baik untuk Negeri


Kebutuhan akan Bahan Bakar
Tidak dapat dipungkiri bahwa bahan bakar merupakan kebutuhan utama yang selalu digunakan setiap hari. Kita membutuhkannya untuk memasak dan menghidupkan kendaraan. Bagi pengusaha dan pelaku industri, bahan bakar dibutuhkan untuk proses produksi.

Oleh karena itu, penggunaan bahan bakar yang tepat dan sesuai fungsinya perlu dipertimbangkan dengan baik. Selama ini, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan elpiji sebagai bahan bakar alat dapur. Padahal, Indonesia diperkirakan melakukan impor elpiji sebanyak 7 juta ton pada 2017

Untuk mengantisipasi ketersediaan minyak bumi yang semakin menipis serta menghindari terjadinya kelangkaan elpiji, kita harus menjadi warga yang cerdas dengan memanfaatkan bahan bakar lain. Sumber energi pengganti yang dapat memenuhi kebutuhan energi dalam jumlah besar dan jangka waktu lama tersebut salah satunya adalah Gas Alam/Gas Bumi.

Mengenal Gas Bumi
Gas bumi biasa disebut juga dengan gas alam yang terbentuk dari timbunan fosil-fosil organik dari dalam lapisan perut bumi sejak berjuta-juta tahun lalu. Berbeda dengan minyak bumi, gas bumi lebih banyak mengandung senyawa hidrokarbon ringan terutama metana.

Di Indonesia, pemanfaatan gas bumi sebagai bahan bakar telah digunakan sejak tahun 1960-an. Untuk itulah, di beberapa daerah sudah banyak orang yang menggunakannya sebagai bahan bakar alat dapur. Bahkan, di  Jakarta juga sudah terdapat kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas (BBG).

Cara penyimpanan gas bumi yaitu di dalam ruangan raksasa di bawah tanah yang kemudian disalurkan kepada konsumen melalui pipa-pipa gas yang ditimbun di tanah pula. Jadi tidak melalui tabung gas layaknya elpigi.

Pemanfaatan Gas Bumi
Gas bumi dapat di gunakan di sektor rumah tangga maupun bisnis. Pemanfaatan bahan bakar ini dapat digunakan sebagai bahan bakar pada proses pemanasan dan pengeringan, ketel uap, tungku pengering, oven dan banyak lainnya. Beberapa sektor yang dapat memanfaatkan Gas Bumi sebagai alternatif cerdas memilih bahan bakar antara lain:
-          Rumah
-          Rusun/Apartemen
-          Hotel
-          Rumah sakit
-          Panti asuhan
-          Restoran/tempat makan
-          Pengusaha makanan
-          Laundry
-          Perkantoran
-          Industri kaca/keramik/kertas/logam/tekstil
-          Pembangkit listrik
-          Transportasi
-          Dan berbagai usaha lainnya

Berikut ini grafik pengguna gas bumi PGN yang terus bertambah:

Keunggulan Menggunakan Gas Bumi
  Lebih aman
Pemasangan pipa Gas bumi dilakukan oleh tim alhi yang tersertifikasi sehingga lebih detail dan terpercaya. Pemasangan tersebut juga terus dimonitor hingga dapat digunakan konsumen. Selama ini, sangat jarang terjadi kebocoran Gas Bumi karena tekanan yang dimiliki Gas Bumi lebih rendah dari pada elpiji. Karena tekanan yang rendah tersebut, apabila terjadi kebocoran, kita hanya perlu menutupnya dengan kain basah atau dengan tangan saja. Setelah itu, kita bisa menghubungi petugas agar diperbaiki.

  Harga Ekonomis
Setiap tahunnya, kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia terus melonjak. Untuk itu diperlukan alternatif yang lebih ekonomis yaitu menggunakan gas bumi.

Jika dibandingkan dengan harga elpiji, menggunakan gas bumi akan hemat lebih dari 30%. Setiap konsumen juga dilengkapi dengan meteran gas yang akan mengukur jumlah pemakaian.

Bagi pengusaha UKM, menggunakan Gas Bumi dapat menekan biaya bahan bakar. Para pengusaha bisa hemat biaya produksi sehingga dapat menjual produk dengan harga yang lebih rendah tanpa mengurangi keuntungan. Dengan begitu, tingkat pemasaranpun juga lebih terjangkau.

  Ramah Lingkungan
Gas bumi semakin diperluas dan mendapatkan dukungan dari pemerintah. Salah satu alasannya adalah gas bumi jauh lebih bersih dan ramah lingkungan. Gas bumi tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun sehingga tidak menimbulkan polusi terhadap lingkungan.

  Efisien
Penyaluran Gas Bumi yang melalui pipa-pipa lebih praktis karena kita tidak perlu membawa tabung yang berat ke penjual. Gas bumi selalu menyediakan pasokannya dan dapat kita gunakan setiap waktu. Jadi tidak perlu khawatir akan kehabisan gas apalagi saat sedang digunakan.

PGN Penyedia Gas Bumi
Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) merupakan perusahaan terbesar di Indonesia dalam  bidang transportasi dan distribusi gas bumi. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha gas, PGN berupaya memperluas jangkauan layanan agar masyarakat dapat menikmati bahan bakar yang murah dan ramah lingkungan. Pengguna gas bumi selalu meningkat setiap tahunnya dan diperkirakan akan terus meningkat seiring kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

Memilih Perusahaan Gas Negara karena:
Harga Kompetitif
Gas Bumi Berkualitas Tinggi
Efisiensi Pembakaran Tinggi
Jaringan Distribusi Gas Terluas di Indonesia
Tidak Perlu Tempat Penyimpanan
Bersih dan Ramah Lingkungan
Kuantitas lebih terjamin
Biaya Operasional dan Pemeliharaan Rendah
Kontinuitas Suplai Lebih Terjamin

Menjangkau lebih luas pengguna


Layanan Perusahaan Gas Negara
Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagai sektor, PGN menyediakan propuk dan layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin berlangganan Gas Bumi PGN, silahkan klik pilihan di bawah ini dan baca dengan lebih rinci segala ketentuannya. 
Keberadaan Gas Bumi oleh Perusahaan Gas Negara telah memberikan solusi win-win bagi pemerintah maupun pelanggan bahkan lingkungan. Pelanggan mendapatkan berbagai kemudahan hingga harga yang murah.   Sementara itu, pemerintas juga dapat menghemat anggaran negara dengan menekan impor elpiji atau bbm. Semua berdampak positif dengan pemanfaatan energy baik melalui gas bumi.


Perusahaan Gas Negara kini juga telah menyediakan layanan aplikasi yaitu PGN MOBILE yang memudahkan pelanggan mengontrol penggunaan energi dimanapun dan kapanpun. 


Informasi lebih lengkap bisa dilihat di:
Contact Center 1-500 645
email contact.center@pgn.co.id



1 comment:

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools