Menjadi Generasi Millennial yang Cerdas, Manfaatkan Teknologi di Era Digital dengan Tepat - Reezumiku

Thursday, November 22, 2018

Menjadi Generasi Millennial yang Cerdas, Manfaatkan Teknologi di Era Digital dengan Tepat

 
Generasi Millennial di Era Digital

Aku, kamu, atau kalian adalah generasi millennial yang hidup pada zaman ini. Tahu ‘kan “Generasi Millennial”?  Itulah sebutan bagi kita yang lahir pada rentang tahun 1980an – 2000an. Pada kalangan masyarakat luas, mungkin ada stereotype  negatif yang menyatakan bahwa generasi millennial itu isinya adalah orang-orang malas, berfikir pendek, banyak berkhayal, dan narsis. Apakah benar demikian? Ataukah kita patut marah dengan label tersebut?

Saya baru saja mengikuti seminar parenting, berkaitan dengan fasilitas teknologi yang menjadi salah satu faktor terjadinya perkembangan dini pada biologis maupun psikis anak. Miris memang, jika kecanggihan era millennial justru disalah gunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, khususnya pemilik situs atau video sehingga memberi pengaruh negatif pada pengguna layanan internet, utamanya bagi anak-anak yang tidak mendapatkan pengawasan ketat.

Mereka tak bisa dilarang mengikuti perkembangan, namun juga tak boleh dibiarkan bebas mengakses apapun dari internet. Apalagi dunia maya merupakan media penyebaran informasi tercepat saat ini.


Beberapa bulan lalu saat mengisi materi diklat jurnalistik pada anak-anak SMA, saya mendapati bahwa mereka tidak mengenal program TV, majalah atau Koran lagi. Yang mereka tonton dan baca adalah Youtube, Google serta berbagai situs online lainnya. Tak bisa dipungkiri, itulah perkembangan zaman yang dinamakan “Generasi Millennial di Era Digital”.

Sudah seharusnya kita menjadi bagian dari generasi millennial yang bermartabat dan bermanfaat. Jadikan keuntungan hidup di era digital ini sebagai tujuan menebarkan kebaikan untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitar. Gunakan semua fasilitas dengan cerdas. Pastinya, kecanggihan teknologi di era digital dapat membuat kehidupan menjadi lebih baik.

Sebagai generasi millennial, kita patut bangga dan bersyukur karena banyak sekali yang bisa kita lakukan di era digital dengan lebih mudah. Semua semakin menyenangkan dengan adanya teknologi. Kecanggihan seperti apa sih yang sudah berkembang saat ini?



Dengan semua fasilitas mumpuni tersebut, banyak hal menarik yang dapat dilakukan dengan lebih mudah dibandingkan masa 10tahunan silam. Beberapa diantaranya adalah:
Akses internet yang ada dapat mendekatkan kita dengan orang yang kita sayangi meski jarak jauh membatasi. Adanya aplikasi video call melalui smartphone yang kita miliki kita bica berbicara, maupun bertatap mukadengan orang tersayang kita. Ini akan sangat berguna bagi kita yang merantau bekerja jauh ke luar kota atau luar negeri, yang jauh dari keluarga.
Kecanggihan teknologi memberikan kemudahan dalam melakukan banyak transaksi. Seperti membeli baju melalui online, membayar tagihan, megirim barang, dan lain sebagainya.
Hidup kita bisa menjadi lebih praktis. Misalnya, bila ingin membayar tagihan tidak perlujauh-jauh pergi dan antri di tempat pembayaran, tapi bisa juga dilakukan secara online. Bahkan membeli tiket kereta api tak perlu lagi ke stasiun, bisa melalui minimarket media partner terdekat atau bahkan pesan online.
Kita bisa mudah mempelajari hal-hal baru. Adanya banyak tutorial-tuorial ataupun panduan yang tersebar di internet, baik informasinya berbentuk tulisan ataupun video praktiknya secara langsung. Kita bisa mencari paduan yang kita butuhkan dengan mudah.
Kita bisa melakukan banyak aktivitas tanpa batasan waktu (multitasking).
Kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi dalam sekejap. Istilahnya selalu “up to date” apa yang terjadi di belahan dunia lain sana tanpa perlu susah-susah membelikoran ataupun mendengarkan siaran berita di radio.
Kita bisa belajar dengan mudah karena banyaknya aplikasi pembelajaran yang bisa kita manfaatkan sebagai media pembelajaran. Semua tinggal klik saja.
Kita bisa berkegiatan dengan mudah dan cepat, tak perlu menguras waktu dan tenaga dengan memanfaatkan aplikasi yang ada saat ini. Seperti, membeli makanan dengan memesannya secara online yang dapat diantarkan langsung, dan sebagainya.
Kita dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan dengan mudah melalui menjalankan bisnis online dari hobi yang kita sukai, misalnya membangun blog sebagai blogger, sebagai youtuber, menjalankan bisnis online shop, dan lain sebagainya.

Seru bukan hidup di era digital ini? Ada lebih banyak keuntungan yang dapat kita rasakan jika memanfaatkan segala fasilitas dengan baik. Agar menjadi generasi millennial yang aktif, produktif, dan cerdas, kita bisa menggunakan kecanggihan teknologi dan kemudahan akses internet yang ada untuk berbagai kebutuhan hingga menjalankan pekerjaan, bisnis, atau hobi yang kita sukai.



Saat ini, terdapat jutaan situs website atau blog yang tersebar di internet. Ada yang dikelola dengan baik maupun sekedar ikut-ikutan tanpa mempertanggung jawabkan isinya yang berdampak  bagi orang lain. Untuk itu, sebagai Generasi Millennial, ikutlah ambil peran aktif untuk memanfaatkan teknologi dengan baik. Selain sebagai bentuk peduli terhadap generasi muda, memiliki website atau blog juga dapat digunakan sebagai media pemasaran produk, bakat atau keahlian lainnya.

Dalam membangun website dan blog, kita membutuhkan yang namanya hosting dan domain, ‘kan? Hosting dibutuhkan sebagai space atau ruangan tempat di internet untuk menyimpan berbagai data-data dari website atau blog milik kita, apapun itu jenis datanya. Saat kita mengaktifkan website, kita butuh hosting ini agar website kita dapat diakses oleh siapa saja.

Sedangkan, domain diperlukan sebagai identitas website yang ada di internet. Kegunaan dari domain adalah untuk membuat brand website sehingga  mudah diingat dan diakses.

Sebenarnya sudah tersedia hosting maupun domain gratisan. Tapi, kualitas dan fiturnya tidak sebanding dengan yang premium (berbayar). Apalagi sekarang sudah terdapat hosting murah dengan kualitas memuaskan. Bila ini demi kelancaran usaha dan bisnis, ada baiknya bila hosting ataupun domain yang berbayar. Nantinya bisa memberikan keuntungan pada diri kita juga kok.

Lalu, dimana tempatnya kita bisa membeli hosting murah dan domain murah berkualitas? Ada satu yang bisa direkomendasikan, yaitu DomaiNesia.

DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan yang memberikan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan juga layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2009. Dengan seiring berjalannya waktu, telah ada lebih dari 32.000 costumer yang sudah merasakan layanan dari perusahaan ini.

Banyak pihak yang memilih menggunakan layanan dari DomaiNesia karena perusahaan ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

DomaiNesia memiliki beragam lokasi server yang bisa kita pilih secara bebas tanpa adanya perbedaan harga. Pilihan servernya, yaitu US (Dallas), SG (Singapura), JP (Tokyo), dan ID (Jakarta).


Semua hosting yang ditawarkan didukung 100 5 dengan menggunakan teknologi terkini Enterprise Solid State Drive (SSD) sebagai media penyimpanannya. Teknologi ini dapat membuat performa website kita menjadi sangat cepat.
Menggunakan Teknologi Cloud Backup secara berkala guna menjaga dan menjamin data penting yang kita miliki. Jadi, kita tidak perlu takut data kita akan hilang bila memakai hosting dari sini.


DomaiNesia memberikan gratis SSL selamanya setiap kita membeli hosting apapun disini.
Memiliki Fitur Instant Deploy yang bisa dimanfaatkan oleh kita-kita yang tidak mengerti bahasa pemrograman guna membuat website berbasis CMS hanya dengan sekali klik.


Memberikan jaminan garansi uang kembali bila selama 10 hari pertama kitatidak puas terhadap layanan yang diberikan.
Menyediakan beragam panduan yang bisa kita ikuti dengan bahasa yang mudah dipahami dan dijelaskan step by step secara detail. Jadi, ini bisa mempermudah bagi pemula atau newbie dalam membangun website.


Memberikan layanan dukungan selama 24 jam nonstop bagi para pelanggannya.

Dengan semua kemudahan yang ditawarkan oleh DomaiNesia, maka tak salah bila kita menggunakan layanan hosting dan domain dari perusahaan ini. Harga produk-produknya pun cukup terjangkau. Jadi, inilah serunya hidup di era digital saat ini. Semua proses dapat dengan mudah kita lakukan dan dapatkan.

Memiliki blog ini juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur saya yang hidup sebagai Generasi Millennial. Saya juga belajar cara membuat blog dari para blogger di dunia maya. Banyak hal lain dari internet yang membantu dan memudahkan dalam melakukan berbagai hal, seperti mendapatkan resep makanan, cerita perjalanan para traveler sebelum saya mengunjungi tempat wisata, tutorial membuat sesuatu, tips dan trik hingga hiburan maupun cara membuat website dari nol. Untuk itu saya juga ingin membagi cerita melalui blog yang nantinya dapat memberi manfaat pula kepada orang lain yang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Jadi, seru bukan hidup di era digital ini? Jadilah Generasi Millennial yang cerdas dan berperan aktif memanfaatkan teknologi era digital dengan tepat.

PT Deneva
YAP Square C-5, Jl. C. Simanjuntak No.2 Yogyakarta 55223
Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: (0274) 545653
IM: 085727776660


 #digitallife #madepossible #domainesia


2 comments:

  1. iya, ngeblog enak
    dan aku adalah bagian dari generasi milenial, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kalau kilas balik sepuluh tahun lalu saja, nge-blog tidak semudah sekarang. Memang generasi milenial sangat dimanjakan dengan beragam fasilitas canggih. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik pula sehingga memaksimalkan keuntungan untuk diri sendiri. Haiii saya juga generasi milenial. hohohoooo

      Delete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools