Mengasingkan Diri ke Pantai Nglinci - Tulungagung - Reezumiku

Sunday, October 29, 2017

Mengasingkan Diri ke Pantai Nglinci - Tulungagung


Pantai Nglinci berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Lokasi pantai ini tidak banyak diketahui oleh orang Tulungagung. Belum ada pula yang mengulasnya dengan lengkap di dunia maya. Oleh karena itu, hampir sepanjang waktu di hari biasa maupun weekend, Pantai Nglinci sangat sepi. Kamu akan merasa sebagai pemilik pribadinya.

Tidak berlebih jika disebut sebagai pantai pribadi. Untuk mencapainya memang tak ada satupun petunjuk yang dapat dijadikan acuan. Jika kamu ingin merasakan pesona pantai ini, ikuti saja jalan menuju Pantai Lumbung atau Pantai Molang. Kendaraan dapat diparkir di warung dekat Pantai Lumbung. Kamu dapat istirahat sejenak di sana setelah menempuh jalan terjal yang aspalnya rusak parah.



Menghadaplah ke selatan dan lihat sejauh mata memandang. Hamparan laut biru yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Maha Besar Allah. Inilah yang membuat pantai sebagai tempat manjur untuk terapi jiwa serta menenangkan pikiran. Karena dihadapannya, saya merasa lemah. Karena melihatnya, saya sadar betapa agung ciptaan Allah SWT. Laut mampu mengembalikan semangat yang mulai pudar agar tetap bertahan menjalani ujian maupun menghadapi  cobaan. 



Oke, setelah tenaga mulai terisi, lanjutkan perjalanan ke  bawah. Ambil jalur kanan yang melewati jembatan kecil (kalau ke kiri ke Pantai Lumbung). Tanya pemilik warung supaya tidak tersesat. Orangnya baik dan ramah kok. Setelah melewati warung-warung lagi, tidak jauh dari sana akan ada jalan bercabang. Pilih jalur sebelah kiri (yang mengarah ke laut). 

Ikuti jalan setapak meski semakin lebat pepohonannya. Jika menemukan jalan bercabang lagi, tetap pilih jalur yang paling dekat ke laut. Setelah sampai di ujung jalan yang terlihat seperti tidak ada arah kemanapun, turunlah mengikuti aliran air. Memang terlihat seperti arah buntu karena masuk ke hutan, namun kamu tak perlu ragu untuk turun. Di ujung turunan nanti, kamu akan menemukan karang-karang sementara Pantai Nglinci ada di sebelah kanannya.


Memakin masuk ke rerimbunan pepohonan
Entah kenapa dinamakan Pantai Nglinci. Warga setempat juga tidak tau pasti asalnya. Ketika saya tanya asal mulanya, mereka hanya menjawab kalau dari dulu ya sudah dinamakan Pantai Nglinci. Mereka bahkan memperjelas, "Nglinci lho, bukan kelinci". Tapi di sana memang ada sebuah karang besar yang bentuknya mirip kepala kelinci. Selain itu, pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Blabak. 




Pastikan untuk ke sini saat air surut karena air laut dapat menenggelamkan seluruh bagian pantai. Ombaknya juga besar jadi nggak boleh berenang. Kamu mungkin dapat menemui beberapa  orang memancing ikan-ikan besar. Mereka memakai pakaian panjang lengkap dengan capil serta kain yang menutup leher dan kepala. Maklum saja, mentari siang sangat terik. Pastikan kamu memakai sunscreen dan topi karena sedikit sekali tempat teduhnya.

Sekali lagi, berikut ini tips buat kamu yang ingin mengunjungi Pantai Nglinci / Pantai Blabak:


1.
Pakai sunscreen/sunblock, apalagi buat para cewek-cewek.
Ini penting banget buat kulit supaya nggak hitam. Jujur saja saya bukanlah tipe orang yang takut hitam karena kepanasan. Namun sejak pulang dari pantai ini, sengatan matahari tampak jelas di wajah hingga jadi belang. Karena di pantai ini sama sekali tidak ada tempat rindang untuk berteduh.

2.
Bawa topi pantai/jaket.
Sinar matahari selain menghitamkan kulit, juga tidak baik untuk kesehatan. Sinar UV dapat memicu terjadinya kangker kulit. Pakai sunblock/sunscreen memiliki batas waktu dalam melindungi kulit. Untuk itu, kalau ingin berlama-lama di pantai, pakailah topi lebar dan jaket untuk perlindungan tambahan.

3.

Memakai sepatu/sandal untuk medan becek.
Kamu nggak mungkin bisa pakai hells di Pantai Nglinci. Jalurnya saja masuk pepohonan yang lebat dan becek. Supaya keamanan perjalanan terjaga mending pakai alas kaki yang nyaman.

4.
Bawa makanan/ minuman.
Penjual hanya ada di sekitar Pantai Brumbun. Sementara itu jarak ke Pantai Nglinci sekitar 1,5 kilometer lagi dengan medan yang melelahkan.



Selamat liburan….dan abadikan ceritamu dalam kamera. Cekrek!!! 

Uwah... jadi teringat tragedi kameraku yang tersapu ombak di pantai ini. The last,  I say good bye for my beloved camera. Huhuhuhu T.T

1 comment:

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools