Melihat Pesona Jepang sebagai Wisata Ramah Muslim bersama Royal Indonesia Travel - Reezumiku

Tuesday, June 13, 2017

Melihat Pesona Jepang sebagai Wisata Ramah Muslim bersama Royal Indonesia Travel


Jepang adalah negara menakjubkan yang mampu memadukan tradisi dengan kecanggihan abad modern. Semua itu tampak jelas dari bangunan kota yang masih mempertahankan budaya kuno, namun juga bersanding damai dengan gedung-gedung pencakar langit.

Saat ini, sekitar 80% penduduk Jepang merupakan penganut Shinto dan Budha. Angka yang fantastis dibanding penduduk Muslimnya yang berjumlah kurang dari 1%. Bangunan ibadah yang masih dapat dijumpai dengan mudah adalah kuil Shinto dan candi Budha. Sebagian dari tempat tersebut juga telah berfungsi ganda menjadi area wisata.

Dulunya, orang Jepang tidak memiliki banyak pemahaman tentang Muslim atau orang Islam. Mereka tidak mengerti dengan aktivitas sholat maupun makanan halal. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak warga Jepang yang terbuka akan keberadaan Muslim di negarannya. Mereka juga lebih memahami tentang Muslim dan Islam dalam pengertian yang benar. Alhamdulillah.

Hal tersebut dibuktikan dengan dukungan pemerintah akan wisata ramah Muslim (Muslim Friendly). Tersedianya fasilitas tersebut didorong oleh naiknya jumlah orang yang datang ke Jepang.  Sekitar 24 juta wisatawan mancanegara tercatat telah berkunjung ke Jepang selama tahun 2016. Tidak sedikit diantaranya merupakan Muslim dari berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebagai penduduk mayoritas Islam, warga Indonesia yang sangat suka jalan-jalan ingin mendapatkan akses mudah Wisata Halal Jepang. Untuk itulah, negeri sakura tersebut membuka kesempatan untuk wisatawan Muslim menjelajahi keindahan Jepang dengan lebih nyaman. Beberapa fasilitas ramah muslim yang tersedia diantaranya sebagai berikut:


MUDAH BEPERGIAN DENGAN MAP FOR MUSLIM

Salah satu Map for Muslim di Kyoto (image source)
Peta sangat berperan penting bagi pelancong yang datang ke Jepang. Saat ini, beberapa wilayah Jepang seperti Tokyo, Kyoto, Hakone, Osaka, Sapporo, Taito dan Yokohama telah menyediakan peta khusus bagi Muslim. Waw! Keren kan? Fasilitas spesial ini disediakan agar mempermudah wisatawan Muslim dalam menemukan tempat-tempat halal di Jepang.

Map For Muslim tersebut biasanya memuat peta yang menunjukkan restoran-restoran halal (termasuk alamat, jam buka dan menu halal yang tersedia), tempat ibadah (area-area yang bisa digunakan untuk sholat), beberapa destinasi wisata, belanja souvenir, toko halal, dan informasi penginapan serta pemandian halal. Salah satu map for Muslim di Kanagawa tahun 2017 ini menunjukkan 35 restoran halal yang juga mencantumkan fasilitas tempat sholat di restorannya. Osaka sendiri juga telah memiliki sekitar 24 restoran ramah Muslim dan 2 masjid.


BANYAK MAKANAN JEPANG YANG HALAL DAN LEZAT

Sushi dan Ramen, adalah dua diantara makanan khas Jepang yang bisa melumerkan lidah pecinta kuliner. Hidangan tersebut sudah banyak dijual di Indonesia. Namun bagaimana dengan hidangan sushi dan ramen serta makanan lain di negara asalnya?

Kita mungkin memiliki keraguan dengan kandungan bahan yang diolah dalam makanan-makanan tersebut. Maklumlah, orang Jepang memang pengonsumsi babi, alkohol (sake), dan mirin (bumbu khas yang mengandung alkohol)  dalam kehidupan sehari-hari. Jadi wajar saja kalau sahabat Muslim masih takut memilih makanan ketika berada di Jepang.

Namun, kekhawatiran tersebut semakin berkurang dengan hadirnya Wisata Halal Jepang. Sudah banyak pengusaha kuliner di Jepang yang menyediakan menu halal bagi para pelanggan Muslim. Daging yang digunakan biasanya diimpor dari luar negeri dan berlabel halal. Menunya juga terdiri dari bahan-bahan yang disyariatkan. Bahkan alat dan tempat penyajian makanan juga dipisahkan jika restoran tersebut menjual menu halal dan non-halal sekaligus.


TEMPAT WISATA CANTIK DAN BERAGAM

Jepang dikenal memiliki wisata alam yang mengagumkan. Gunung Fuji salah satunya. Latar pemandangan alam yang hanya bisa dilihat di Jepang ini dapat kita nikmati dari daerah Kawaguchi. Gunung agung dengan puncak putih yang halus membuat siapapun terpesona olehnya.

Jepang, terutama di Tokyo juga memiliki taman-taman dengan koleksi tumbuhan dan pohon yang cantik. Menikmati hanami (piknik di bawah pohon sakura) di Tokyo Park, Yamashita Park atau Ueno Park akan menjadi kenangan yang tak terlupakan pada musim semi.

Selain itu, terdapat juga tempat wisata bersejarah dengan bangunan-bangunan kuno yang masih terjaga. Beberapa tempat yang menarik dikunjungi ialah Edo WonderlandMemakai Kimono atau Yukata dan berkeliling di daerah wisata Nikko ini akan membuat kita merasa di jaman Jepang tempo dulu. Aktivitas lainnya yaitu melihat mata air alami di Oshinohakkai. Kuil-kuil yang tersebar di setiap penjuru juga menjadi destinasi wisata religi dan sejarah.

Di sisi lain, Jepang juga mempunyai tempat-tempat wisata yang dipenuhi kecanggihan teknologi masa kini. Beberapa diantaranya ialah Disney Land dan Disney Sea. Siapa yang tidak tahu theme park terkenal tersebut?! Pengunjung dapat menikmati aneka wahana yang tentunya bakal bikin nyesel kalau dilewatkan. Mengunjungi Tokyo Sky Tree atau Tokyo Tower untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari ketinggian hingga ratusan meter juga dapat jadi alternatif seru liburan ke Jepang. Wonderful!


TERSEDIA TEMPAT IBADAH UNTUK MUSLIM

Takut kehabisan waktu sholat saat di Jepang? Sekarang sudah tersedia prayer room di bandara-bandara besar seperti Narita International Airport dan Haneda Airport (Tokyo International Airport). Tempatnya sangat bersih. Ruang ibadah dan berwudhu dipisah antara wanita dan pria.

Selain bandara, tempat ibadah juga dapat ditemui di beberapa stasiun kereta seperti JR Osaka Station atau Tokyo Station. Beberapa restoran yang menjual menu halal biasanya juga menyediakan sudut ruangannya untuk dijadikan tempat sholat. 

Saat ini telah tersedia pula hotel-hotel ramah Muslim dengan petunjuk arah kiblat yang jelas. Alhamdulillah. Area-area wisata tertentu juga menyediakan tempat sholat, salah satunya Kyoto Tower.

Masjid-masjid juga telah berdiri kurang lebih berjumlah 80 yang tersebar di seluruh Jepang. Tokyo Camii, Sapporo Mosque, Shibuya Musalla, Indonesia Musalla, Kyoto Mosque, dan Osaka Mosque adalah beberapa diantaranya.


SURGA BELANJA BERANEKA PRODUK DAN OLEH-OLEH

SHINJUKU - Image source
Belanja adalah agenda wajib saat traveling ke negara asing. Souvenir-souvenir menarik dan makanan khas menjadi primadona wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga dan sahabat di rumah.

Ginza  (Asakusa), Akibahara, Shibuya, Shinjuku, dan Harajuku merupakan surga belanja terkenal di Jepang. Tempat yang strategis di pusat kota tersebut menjual aneka barang. Nikinokashi  Big  Hall  dan  Donkihowte juga menjual berbagai souvenir murah. Kalau ingin makanan halal untuk dibawa pulang,  Rice  Crackers  Hyouban­do bisa jadi pilihan tepat.


FESTIVAL-FESTIVAL MENARIK SEPANJANG TAHUN

TANABATA MATSURI - Image source: Fanspage Facebook Royal Indonesia Travel
Jepang yang masih sangat menjunjung tinggi nilai budaya hampir tidak sepi oleh festival-festival tahunan. Pada musim semi, taman-taman akan ramai oleh Festival Hanami (piknik di bawah pohon sakura). Sementara itu, pada musim panas, penduduk Jepang atau siapapun yang sedang berada di Jepang akan dibuat terpesona oleh ratusan kembang api yang beterbaran di langit pada Festival Hanabi.

Festival besar lainnya adalah Tanabata Matsuri, Sunflower Matsuri, dan Summer Festival. Di taman-taman dan kuil-kuil biasanya juga punya festival khusus yang digelar pada waktu tertentu. Kalau ingin menyaksikan salah satu diantaranya, maka kita harus mencari informasi waktu yang tepat terlebih dahulu sebelum berangkat ke Jepang.


Nah, setelah tahu tentang ramahnya Jepang terhadap wisatawan Muslim, jadi kepengin berangkat ke Jepang, kan? Sekarang saatnya merencanakan perjalanan ke negeri sakura tersebut bersama Travel Tour Wisata Jepang Royal Indonesia. Berikut ini adalah 6 alasan kenapa Royal Indonesia Travel menjadi pilihan tepat buat kamu:


TERPERCAYA


Telah berdiri selama 7 tahun, Royal Indonesia Travel sudah mengantarkan ribuan jamaah umroh serta wisatawan di seluruh Indonesia. Izin umrah juga telah didapat dengan nomor D816/2012. Kini Royal Indonesia telah menjadi perusahaan bonafid dalam industri travel di Indonesia.

Sebagian besar pengguna jasa Royal Indonesia Travel juga melakukan order kembali karena merasa puas dengan pelayanan yang pernah dialami. Testimoni yang diberikan pelanggan juga positif. Satu diantaranya sebagai berikut:




JARINGAN INTERNASIONAL



Memiliki jaringan luas di negara-negara tujuan wisata seperti Turki, Mesir,  Jordan, Jerman, Dubai, Spanyol, Maroko, Jepang, Korea, Australia, Bosnia,  Palestina dan Cina membuat Royal Indonesia tidak perlu lagi diragukan kepiawaiannya mengakomodir perjalanan. Jaringan internasional dapat mempermudah akses transportasi dan penyediaan hotel di tempat tujuan.

Selain pilihan wisata internasional, Royal Indonesia Travel juga menyediakan paket wisata lokal di Indonesia.


PILIHAN PAKET MENARIK


Royal Indonesia Wisata Tour Travel menyediakan beberapa paket menarik yang dapat dipilih sesuai keinginan. Beberapa diantaranya adalah:
1. Paket Umroh
2. Paket Umroh Plus
3. Paket Haji Plus
4. Paket Halal Holidays
5. Travel Series


MENGUTAMAKAN KEHALALAN DAN IBADAH


Royal Indonesia Travel sangat mendukung pariwisata halal dengan beberapa pilihan paket Wisata Halal Muslim. Waktu sholat dijadwalkan khusus sehingga pelanggan tidak perlu khawatir atau takut akan melewatkan waktu sholat saat berada di lokasi wisata.

Selain itu, makanan dan minuman halal selalu menjadi prioritas utama supaya pelanggan bebas menikmati kuliner khas daerah wisata tanpa ragu kehalalannya. Hotel, toko souvenir dan tempat wisata dalam rangkaian tour juga telah diperhitungkan akses dalam mendapatkan tempat ibadah maupun oleh-oleh halal.


KARYAWAN YANG HANDAL MENANGANI PERJALANAN


Track record yang panjang menjadikan karyawan dan staf Royal Indonesia memiliki kemampuan terbaik dalam mengantarkan wisatawan baik untuk wisata halal maupun umroh dan haji. Para karyawan telah terlatih sehingga dapat dipercaya dan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan selama melakukan perjalanan wisata maupun umroh/haji.


ALAMAT KANTOR JELAS


Kantor utama berada di Depok:
The Great Saladin Square, Jalan Margonda Raya No.39 Blok C.30, Depok 16431.
P : (+6221) 2940 22 32/46.
M : 0822 188 188 01. E : hello@royalindonesia.id
web: http://www.royalindonesia.id/

Selain itu, Royal Indonesia juga memiliki cabang di  Manado, Tegal, Lampung dan Balikpapan.

Ingin ke Jepang tapi bingung mau ke mana?
Royal Indonesia Travel menyediakan beberapa paket Wisata Halal Muslim Jepang (tour halal Japan) yang akan membawa wisatawan keliling Jepang sesuai keinginan. Kamu dapat menikmati kecantikan alam negeri para samurai tersebut dengan paket pilihan berikut:













Destinasi wisata yang dikunjungi juga beragam mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata alam, dan tempat-tempat terkenal lain di Jepang. Beberapa destinasi menariknya antara lain:


EDO WONDERLAND


Sebuah desa wisata dengan konsep Jepang masa lalu akan memanjakan wisatawan dengan kehidupan jaman Edo. Bagunan-bangunan kuno dibuat semirip mungkin. Di sana, kita juga bisa bertemu orang-orang lokal yang berperan layaknya masyarakat Jepang dahulu. Menyaksikan pertunjukan-pertunjukan dari mereka akan menjadi hiburan tersendiri.


BANDAI MUSIUM

Image source: Fanspage Facebook Royal Indonesia Travel
Pernah menonton Shin-Chan, Gundam, Power Ranger, Ultraman dan kartun Jepang lainnya di TV? Wah, pastinya kita seumuran. Hehe... Kita bakal mengenang semua masa-masa kecil itu di Bandai Musium. Semua replika kartun Jepang dan beraneka permainan ada di sana.


Mt. FUJI

Image source: Fanspage Facebook Royal Indonesia Travel
Gunung Fuji memang memiliki nilai historis dan religius bagi masyarakat Jepang. Pesonanya juga telah mendunia hingga menarik wisatawan mancanegara. Pada bulan Juli dan Agustus adalah waktu terbaik untuk mendagi gunung Fuji karena tidak tertutupi salju.

Namun, melihat keagungannya dari jauh juga sangat populer dikalangan wisatawan. Dan Danau Kawaguchi merupakan area terbaik menikmati liburan berlatar belakang Gunung Fuji. Salah satu dari lima danau yang mengelilingi gunung Fuji tersebut memiliki berbagai fasilitas seperti hotel, pemandian, toko-toko dan restoran.


YOKOHAMA CHINATOWN

Image source
Chinatown terbesar di Asia Timur dapat kita jumpai di Yokohama. Chinatown ini dibangun pada tahun 1860an dan diperuntukkan sebagai tempat tinggal para pendatang China di Jepang.

Sekarang, Yokohama Chinatown tenjadi pusat kunjungan wisatawan baik lokal maupun dari luar negeri. Ratusan toko memadati setiap jalan-jalan. Warna-warni bangunan, aneka hiasan, dan nuansa khas Tionghoa juga sangat kental. Di setiap pintu masuk terdapat gerbang-gerbang yang memiliki nilai filosofis bagi kepercayaan orang China. Biasanya menggambarkan dewa-dewa dalam feng shui.


DISNEYLAND

Image source
Disneyland adalah taman bermain yang dibuat berdasarkan film yang diproduksi Walt Disney. Memiliki 7 tema berbeda membuat pengunjung bebas memilih wahana apapun yang disukai. Rasanya seperti berada di negeri dongeng. Sebagai Disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika, Disneyland Tokyo sangat populer bagi wisatawan mancanegara. Apalagi lokasinya berdekatan dengan Disneysea.


DISNEY SEA

Image source
Theme park bertema air ini terinspirasi dari mitos dan legenda laut. Seperti halnya Disneyland, Disneysea juga memiliki tema-tema menarik seperti: Meditteranean Harbor bergaya Venesia yang memiliki kanal-kanal dan gondola, Arabian Coast dengan memasuki dunia Aladin dan cerita 1001 malam, dan Mermaid Lagoon berisi wahana dunia bawah laut yang keren. Selai itu, empat wahana lain di Disneysea adalah: Mysterious island, Lost River Delta, American Waterfront, dan Port Discovery.


KIYOMIZUDERA TEMPLE

Image source
Kuil ini merupakan salah satu kuil budha di Kyoto yang masih terjaga keberadaannya. Untuk mencapai bagunan utama, pengunjung harus melewati anak tangga karena letaknya yang berada di atas bukit. Setelah sampai di atas, mata akan dimanjakan oleh pemandangan cantik beraneka jenis pohon sakura dan maple. Warna-warnanya sangat indah di setiap musim.


TOKYO MOSQUE

Image source
Sudah terdapat sekitar 80 masjid yang tersebar di seluruh Jepang. Salah satunya adalah Tokyo Mosque atau Tokyo Camii. Dibawa oleh orang-orang Turki pada masa lampau, Masjid ini memiliki arsitektur bangunan khas Ottoman. Warna-warna, ornamen, dan interiornya didesain dengan mendetal oleh lebih dari 100 arsitek asal Turki. Bahan-bahannya juga didatangkan langsung dari sana.

Di lantai pertama merupakan pusat kebudayaan dimana umat Islam bertukar budaya. Bagi orang non-muslim yang ingin mempelajari Islam atau wisatawan muslim mancanegara yang sedang berkunjung ke Jepang, biasanya juga didampingi pengurus masjid yang aakan membantu dalam memberikan pemahaman tentang keberadaan Islam di Tokyo. Sementara itu, lantai kedua digunakan untuk ibadah dan berbagai aktivitas islami lainnya.



Itulah beberapa destinasi seru yang harus kamu kunjungi di Jepang. Jangan lupa untuk menggunakan wisata tour travel Royal Indonesia yang sudah terbukti pelayanan dan keutamaannya dalam memprioritaskan wisata halal. Kak Laudya  Cyntia Bella saja juga sudah merasakan serunya perjalanan dengan Royal Indonesia Travel. Masa kamu belum!!!

Bagi para Muslim yang ingin merasakan pesona negeri sakura juga tidak perlu khawatir lagi. Dengan empat pilihan paket dari Royal Indonesia tersebut, kita bisa memilih mana yang sesuai dengan budget, tujuan wisata dan waktu keberangkatan. Apalagi jadwal beribadah dan makanan halal sudah terjamin.




5 comments:

  1. wisatanya ada, kulinernya ada, tempatnya ibadahnya juga ada.
    nabung dulu lah biar bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Alhamdulillah Jepang jadi makin aware sama kebutuhan Muslim... Nabung juga deh buat ke Jepang sama Royal Indonesia Travel :-)

      Delete
  2. Sudah sejak lama juga neh pengen ke Jepang, tapi belom kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... semoga bisa ke sana bareng Royal Indonesia...

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools