Bagaimana mengatasi aroma menyengat setelah makan durian? - Reezumiku

Monday, February 19, 2018

Bagaimana mengatasi aroma menyengat setelah makan durian?


Ig @foodplazapik

Musim durian adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta buah berkulit lancip tersebut. Buah yang memiliki aroma khas itu juga punya penggemarnya sendiri. Mereka bahkan rela berburu durian ke tempat-tempat penjual yang jauh lokasinya demi mendapatkan daging buah yang lezat. Para penyuka durian juga tidak peduli lagi dengan bau menyengat setelah mengonsumsinya.

Di sisi lain, kalau ada fans pasti juga ada haters. #KayakArtisAja. Memang ada orang-orang tertentu yang benci buah durian. Bukan karena tidak suka, tapi karena tidak bisa memakannya. Salah satu alasan kuat yang mendasari adalah aroma tajam yang menusuk hidung.

Ya, begitulah. Bagi fans-nya, aroma durian seperti parfum, tapi bagi haters, aromanya seperti bau busuk yang menyakiti indera penciuman. Sebenarnya bau durian bukanlah masalah besar, namun kadang juga mengganggu saat berinteraksi dengan orang lain. Apalagi baunya bukan hanya tertinggal di mulut, tapi juga di tangan bahkan hingga baju.

Lebih parah lagi, aroma durian juga bisa menyebabkan mabuk. Bagi beberapa orang, mencium aromanya saja sudah membuat mual dan jika memakannya, kepala kadang pusing. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kandungan glukosa pada durian yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi berlebih akan menyebabkan kepala pening.

Bulan Januari-Februari ini adalah musim durian. Selain ditunggu oleh para penikmatnya, musim durian juga membawa berkah bagi para pedagang. Di Tulungagung sendiri mulai banyak penjual durian dadakan. Mereka menggelar dagangannya di toko-toko buah, depan rumah, pingir jalan, hingga melalui online media sosial. Para penjual juga menawarkan harga-harga menggoda mulai dari Rp.10.000.

Nah, masalah umum yang akan kamu lalui setelah makan durian di musim durian ini adalah aroma yang tajam. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghilangkan aroma pekat setelah mengonsumsi durian:

Memanfaatkan kulit durian.
Bersihkan kulit durian dan tuangkan air di cekungan kulitnya. Berkumurlah dengan air tersebut setelah memakan durian. Cekungan kulit durian yang berwarna putih tersebut memiliki antidot yang dapat menetralkan kandungan alkohol dari durian. Hal tersebut juga dapat membantu mengurangi aroma tajam di mulut usai mengonsumsi durian.

Untuk menghilangkan bau pada tangan, gunakan air tersebut untuk membasuh tangan. Gosokkan di sela-sela jari sambil menggosoknya.

Memanfaatkan bubuk kopi
Jika usai memakan durian, pasti siapapun akan mencium baunya yang semerbak. Apalagi jika kamu memakannya di dalam ruangan. Aromanya bisa bertahan berjam-jam. Untuk menetralisir aroma tersebut, kamu bisa menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi memang bermanfaat menetralkan aroma apapun. Nah, letakkan bubuk kopi ini di dekat sumber bau durian dan biarkan beberapa saat. Aroma durian di dalam ruangan akan bisa cepat hilang.

Memakan buah manggis
Jika durian bisa membuat panas dalam tubuh meningkat karena gas yang terkandung di dalamnya, maka buah manggis berfungsi sebaliknya. Manggis dapat memberi efek dingin dalam tubuh. Sebagian besar orang menyarankan agar mengonsumsi manggis setelah makan durian.

Beberapa hal tersebut dapat kamu coba usai mengonsumsi durian tanpa khawatir aroma yang tajam akan mengintai. Selamat mencoba!


Oh ya, kalau kamu sendiri, termasuk pecinta durian atau haters nih???


*





4 comments:

  1. Ayo ikuti kontes SEO di itu99 dengan total HADIAH Rp.30.000.000


    Pendaftaran dimulai pada tanggal 22 Januari 2018

    Pendaftaran berakhir pada tanggal 22 April 2018

    Pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2018

    Hadiah akan dibagikan pada tanggal 8 Mei 2018


    Untuk info lebih lanjut, klik link ini : www.itu99(titik)org/kontes/

    ReplyDelete
  2. Kangen bgt makan durian, terakhir keknya setahun yg lalu. Dulu biasanya pake cara pertama sih, kuliatnya diisi air trus diminum :D

    ReplyDelete
  3. Yups,betul banget ... berkumur pakai air dari kulit durian terbukti ampuh ngilangin bau menyengatnya.

    Dipikir aneh juga ya bisa begitu 😁

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools